PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Harga Emas Tertekan Krisis Yunani

kilau-emas-tertahan-penguatan-dolar-fl1e5DP8Qk

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun karena harapan berakhirnya krisis utang Yunani mendorong para investor menjauh dari logam mulia.

Seperti dilansir Xinhua, Kamis (25/6/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 3,7 dolar AS atau 0,31 persen menjadi menetap di 1.172,90 dolar AS per ounce.

Analis yakin kemajuan dalam pertemuan antara Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) dan pemerintah Yunani pada Rabu mengangkat kepercayaan investor terhadap resolusi untuk krisis utang Yunani.

Selain itu Departemen Perdagangan Amerika Serikat pada Rabu menyatakan bahwa angka akhir produk domestik bruto kuartal pertama pada tingkat tahunan menurun 0,2 persen, lebih baik dari perkiraan sebelumnya (0,7 persen) dan sesuai dengan harapan.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, kondisi itu menjadi tekanan pada emas karena kabar baik bagi ekonomi Amerika Serikat mendorong investor menjauh dari emas yang bersifat safe haven, investasi yang nilainya cenderung tetap atau bahkan naik ketika pasar sedang bergejolak.

Sementara harga perak berjangka untuk pengiriman Juli bertambah 11,6 sen atau 0,74 persen menjadi ditutup pada 15,853 dolar AS per ounce dan platinum untuk pengiriman Juli harganya naik 6,6 dolar AS atau 0,62 persen menjadi ditutup pada 1.074,10 dolar AS per ounce.

Sumber: http://economy.okezone.com/