PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Harga Komponen Google Glass Cuma Rp 1,5 Juta?

gugel glass

 

KOMPAS.com – Kacamata pintar Google Glass yang telah dijual secara terbatas secara online beberapa saat lalu dengan banderol harga 1.500 dollar AS, diprediksi dibuat dari komponen yang harga totalnya kurang lebih 150 dollar AS saja.
Perkiraan tersebut diungkapkan oleh lembaga peneliti pasar IHS yang mempreteli komponen-komponen dalam Glass, dan mencoba menghitung ongkos produksinya.
Menurut IHS, seperti dikutip dari Recode (12/5/2014), Glass ternyata dibuat dari komponen yang siap pakai, dalam arti Google tidak perlu membuatnya lagi, tinggal dirakit saja.
Prosesor dan komponen penting lainnya pun diprediksi UHS merupakan komponen yang diproduksi sejak lama, tahun 2012 lalu.
Secara keseluruhan, harga semua komponen (Bill of Materials) yang dipakai untuk membuat Glass menurut IHS hanya sekitar 132,47 dollar AS, ditambah biaya perakitan yang dibebankan untuk masing-masing perangkat sebesar 20 dollar AS.
Komponen yang paling mahal dari Glass menurut IHS adalah rangka titanium yang melingkar di kepala penggunanya. Komponen tersebut diestimasi harga per unitnya adalah 22 dollar AS.
Sementara, komponen utamanya yang berupa layar silikon diestimasi seharga 20 dollar AS. Untuk prosesor, Glass menggunakan chip OMAP4 buatan Texas Instrumen yang berbasis prosesor ARM Cortex A9. Harganya sekitar 8,85 dollar AS.
Lalu jika ongkos produksinya hanya sekitar 150 dolar AS, mengapa Google sampai menjualnya di kisaran 1.500 dollar AS?
Menurut analis IHS, Andrew Rassweiler, banyak komponen Glass yang tidak dimasukkan dalam hitung-hitungan tersebut di atas, seperti kotak wadahnya yang mulus, penyimpan kacamata yang dijahit secara kustom, dan charger kustom yang yang juga nampak mewah.
Sebelumnya, situs Teardown.com juga mengklaim telah mempreteli komponen Google Glass dan menghitung harga masing-masing komponennya. Menurut Teardown.com, total harga komponen untuk membuat Google Glass hanya 80 dollar AS.
Menanggapi hal tersebut di atas, juru bicara Google Glass mengatakan, “Kami menghargai apa yang dilakukan oleh IHS dan teardown.com, namun perkiraan mereka salah,” ujarnya. “Harga produksi Google Glass lebih tinggi dari estimasi tersebut,” imbuhnya.
Sumber :http://tekno.kompas.com/