PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Harga Konsumen Inti Australia Naik Lebih Cepat dari Perkiraan | PT Rifan Financindo Berjangka

bfb7649cb75116f050b3fb9ded4726e7

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Harga konsumen inti Australia naik lebih cepat dari perkiraan ekonom yang memperkirakan kenaikan akan terjadi di kuartal terakhir, menunjukkan bank sentral tidak perlu terburu-buru untuk menurunkan suku bunga.

Reserve Bank of Australia melihat dua langkah inflasi inti ? trimmed mean dan weighted median – serta menargetkan tingkat tahunan di antara rata-rata 2 persen dan 3 persen. Laporan hari Rabu menunjukkan:

Trimmed mean CPI naik 1,7% dari tahun lalu dibandingkan dengan perkiraan median untuk kenaikan 1,5%

Weighted median CPI naik 1,3%, sesuai dengan perkiraan kenaikan sebesar 1,3%

Headline CPI naik 1%, kurang dari perkiraan kenaikan sebesar 1,1%

Gubernur Glenn Stevens memangkas suku bunga hampir tiga bulan lalu setelah laporan inflasi terakhir, dan mempertahankan suku bunga di posisi 1,75 persen sejak saat itu. RBA menimbang solidnya pertumbuhan lokal dan gain pada laporan pekerjaan melawan kenaikan upah rekor rendah dan inflasi yang lemah

Dolar Australia awalnya naik menyusul data, tetapi sedikit berubah di level 75,21 sen AS pada pukul 11:38 pagi waktu Sydney.

Laporan ini juga menunjukkan inflasi kuartalan 0,6 persen untuk barang tradable, yang mana dipengaruhi oleh mata uang dan faktor internasional lainnya, dan 0,4 persen untuk non-tradable, yang dipengaruhi oleh variabel dalam negeri.

Data menunjukkan harga headline kunci yang naik dan turun:

Medis dan rumah sakit jasa naik 4,2% QoQ

biaya bahan bakar otomotif naik 5,9%

Perjalanan liburan domestik dan akomodasi turun 3,7%

Bank sentral mengandalkan penggerak pertumbuhan dari industri jasa seperti pariwisata dan pendidikan seiring menurunnya investasi pertambangan. Tingkat pengangguran Australia tetap di bawah 6 persen untuk sebagian besar tahun 2016 sejauh ini dan ekonomi mencatat lonjakan pertumbuhan terbaik dalam empat tahun pada kuartal pertama. Beberapa atribut RBA yakni pasar tenaga kerja lebih kuat sampai gain upah yang sangat rendah.

Biro statistik juga merilis angka kuartalan inflasi:

Trimmed mean CPI naik 0,5% QoQ versus Perkiraan median dari 0,4%

Weighted median CPI naik 0,4% QoQ versus Perkiraan median dari 0,4%

CPI meningkat 0,4% versus median perkiraan 0,4%

(id, Rifan Financindo)