PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Harga Minyak Masih Lemah Diikuti Indeks Berjangka S&P 500; Dolar Gain

minyak-wti

Rifan Financindo Berjangka, Minyak mendorong Indeks komoditas turun, dengan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) jatuh ke level terendah lima tahun seiring harga emas dan perak turun diikuti tembaga berjangka. Sementara mayoritas saham Asia jatuh dengan indeks berjangka AS, sementara dolar menguat.
Minyak WTI turun2,1% menjadi $ 64,74 per barel pada 09:58 pagi di Tokyo, menuju penutupan terendah sejak Juli 2009. Emas merosot sebanyak 2,1% seiring harga perak turun ke terendah lima tahun, sementara tembaga berjangka di AS turun 1,7%. Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,1%, didorong oleh penurunan di antara saham Australia dan Korea Selatan seiring saham Jepang naik. Indeks berjangka Standard & Poor 500 turun 0,3%. Indeks Spot Dollar Bloomberg naik 0,2% karena greenback menyentuh level empat tahun tertinggi versus dolar Australia.
Anjloknya harga minyak telah mendorong Indeks Komoditi Bloomberg ke level terendah sejak 2009, sehingga meredam outlook pertumbuhan harga global ditengah kekhawatiran atas melambatnya ekonomi. Indeks manufaktur China, Jepang dan zona euro yang jatuh tempo hari ini, diikuti dengan laporan pada sektor di AS, di mana perdagangan normal kembali pasca libur Thanksgiving.
Sumber: Bloomberg