PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Harga Minyak Mentah Melorot ke Level Terendah 6 Tahun

1450467shutterstock-92642941780x390

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Harga minyak AS merosot ke tingkat terendah dalam enam tahun terakhir pada Senin (16/3/2015) waktu setempat (Selasa pagi WIB), setelah laporan OPEC menunjukkan berlanjutnya kelebihan pasokan minyak.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April, turun 96 sen menjadi 43,88 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman April jatuh 1,23 dollar AS menjadi 53,44 dollar AS per barel di perdagangan London.

Dalam laporan pasar minyak bulanan, Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mempertanyakan validitas reli harga minyak pada Februari di tengah kelebihan pasokan hampir satu juta barel per hari di pasar.

“Kenaikan itu terjadi meskipun faktanya pasokan global terus melebihi permintaan,” kata OPEC.

Laporan ini menyusul analisis yang sama minggu lalu oleh Badan Energi Internasional (IEA), yang mengatakan persediaan minyak mentah AS sudah mendekati tingkat kapasitas penyimpanan akibat ledakan produksi minyak dan pemeliharaan berat di kilang-kilang.

Harga minyak telah turun sekitar 60 persen sejak Juni karena meningkatnya persediaan AS, lemahnya pertumbuhan ekonomi global dan keputusan OPEC untuk mempertahankan produksi tetap tinggi meskipun harga minyak turun.

Sumber:?http://bisniskeuangan.kompas.com