PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Hari Ini, Waktu Bertambah Sedetik Jadi 24 Jam 1 Detik

Hari Ini, Waktu Bertambah Sedetik Jadi 24 Jam 1 Detik

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Detik kabisat kembali berlaku pada 30 Juni 2015. Satu detik ditambahkan, sehingga satu harinya menjadi 24 jam 1 detik.

“Menambah 1 detik pada tanggal 30 Juni 2015 sehingga setelah pukul 23.59.59, tidak langsung pukul 00.00.00 tapi menjadi 23.59.60. Setelah itu pukul 00.00 pergantian memasuki 1 Juli,” kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Prof. Thomas Djamaluddin saat dihubungi, Senin (29/6/2015) malam.

Djamaluddin menuturkan penambahan satu detik ini disesuaikan agar waktu di bumi sama persis dengan jam atom. Jam atom menurutnya dipergunakan sebagai dasar pendefinisian dari detik, bukan lagi dengan putaran bumi.

“Perbedaan jam matahari dan jam atom setidaknya dalam 40 tahun terakhir itu berbeda 25 detik dan itu sudah dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan secara berkala tetapi tidak pada rentang waktu yang sama. Penyesuaian biasanya dilakukan pada tanggal 30 Juni atau tanggal 31 Desember,” papar Prof. Djamaluddin.

Karena saat ini diketahui terjadi penyimpangan 1 detik, Pusat Rujukan Sistem dan Layanan Rotasi Bumi di Paris, Prancis menurut dia memutuskan menyesuaikan kembali jam atom pada 30 Juni 2015. Sebelumnya detik kabisat terakhir terjadi pada tahun 2012.

“Mereka meneliti jam matahari dengan jam atom, ketika terjadi perbedaan 1 detik, maka diumumkan detik kabisat,” imbuh Prof. Djamaluddin.

Penambahan 1 detik dalam satu hari khusus Selasa (30 /6) ini, sebut dia, tidak punya pengaruh bagi masyarakat. Lagipula penambahan satu detik ini menurut dia sudah diumumkan beberapa waktu lalu oleh Pusat Rujukan Sistem dan Layanan Rotasi Bumi di Paris.

“Hanya berpengaruh pada sistem yang mengandalakan catatan waktu yang akurat seperti untuk penentuan navigasi GPS. Kalau operator tidak bisa melakukan penyesuaian mungkin ada beberapa sistem yang tergantung pada waktu yang ketelitian detik itu akan terganggu,” sambungnya.

Sumber:?http://news.detik.com/