PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Hati-hati, Penyakit-penyakit Ini Bisa Kambuh Saat Lebaran

Hati-hati, Penyakit-penyakit Ini Bisa Kambuh Saat Lebaran

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Idul Fitri tak lama lagi. Namun ingat, jangan berlebihan saat merayakan hari kemenangan, sebab risikonya penyakit bisa kambuh.

Saat Lebaran, banyak orang yang menyediakan aneka makanan istimewa. Nah, hal ini terkadang membuat orang lapar mata dan kalap saat makan. Akibatnya penyakit ‘lama’ bisa kambuh akibat pola makan yang tidak baik.

Praktisi kesehatan dari RS Cipto Mangunkusumo dr Ari Fahrial Syam SPPD, KGEH, MMB, FINASIM membagi penyakit yang biasanya muncul pada saat dan pasca Lebaran menjadi tiga. Pertama, orang yang memiliki penyakit seperti darah tinggi, asam urat, dan gula darah.

“Mereka akan kambuh penyakitnya jika tidak memperhatikan makanan. Biasanya saat Lebaran, kadang makan tidak terkontrol dan bisa juga karena lupa minum obat,” terang dr Ari saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (15/7/2015).

Kedua, mereka yang kelelahan. Demi berlebaran bersama keluarga besar tercinta, perjalanan mudik yang lama dan melelahkan pun dijalani. Mereka yang mudiknya mepet Lebaran, tentu tenaganya akan cukup terkuras lantaran segera dilanjutkan dengan kegiatan mengunjungi rumah saudara.

“Dari kelelahan ini bisa memicu terjadi penyakit demam berdarah, batuk, pilek, daya tahan tubuh turun,” lanjut dr Ari.

Ketiga, kelompok penyakit ini adalah imbas karena tidak adanya asisten rumah tangga saat Lebaran. Ketiadaan asisten rumah tangga mengakibatkan orang cenderung mengonsumsi makanan yang diawetkan, atau memanaskan makanan berulang kali. Tentunya hal ini membuat seseorang lebih rentan terkena sakit perut.

“Selain itu karena tidak ada pembantu rumah tangga menyebabkan juga lingkungan tempat tinggal kurang bersih. Hal ini akan menyebabkan seseorang mudah terserang diare,” jelas dr Ari.

Ulasan khas detikHealth kali ini akan membahas tema fit saat Idul Fitri yang bisa memberi saran pada Anda untuk tetap sehat saat berkumpul bersama keluarga saat Lebaran. Dengan mengetahui aneka ancaman kesehatan yang mungkin terjadi, Anda bisa lebih menyiapkan diri untuk menghindari hal-hal yang bisa membuat Anda sakit saat dan pasca Idul Fitri. Selamat membaca!

Sumber: http://finance.detik.com/