PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Hindari Bencana IT, Perbankan Wajib Miliki DRC

A shop attendant sits behind laptops at a computer mall in Taipei

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan pentingnya implementasi Disaster Recovery Center (DRC) pada sektor perbankan. Hal ini guna melindungi data center dari kemungkinan terjadinya risiko disfungsi yang mengganggu keberlangsungan bisnis.

“Industri keuangan dengan masalah IT tidak bisa terlepas, makanya keberadaan DRC ini sangat penting,” ungkap Direktur Pengaturan Bank Umum OJK Antonius Hari di Hotel Le Meridien, Rabu (11/3/2015).

Menurutnya, untuk mendukung industri finansial, pihaknya akan menggunakan infrastruktur yang berkaitan dengan Informasi Teknologi (IT). Terlebih lagi, baru-baru ini OJK telah mengeluarkan aturan baru yaitu layanan keuangan tanpa kantor.

“Dapat dibayangkan infrastruktur IT ini akan menjadi sangat penting bagi layanan keuangan tanpa kantor, makanya DRC ini diperlukan kalau ada masalah IT,” kata dia.

Antonius juga mengatakan DRC dapat menjadi persiapan untuk tetap melakukan layanan meskipun menghadapi kondisi buruk sekalipun, seperti kebakaran, gempa bumi, dan sebagainya.

“DRC ini bisa menjadi persiapan menghadapi kondisi buruk sekalipun,” jelas dia.

Sumber:?http://economy.okezone.com/