PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Indeks Jepang jatuh dari Level Enam Tahun Tertinggi Pasca Libur

bursa-saham-tokyo

Saham Jepang turun untuk pertama kalinya dalam enam hari terakhir, menyeret indeks Topix turun dari level tertingginya dalam enam tahun terakhir, karena dibukanya kembali pasar saham pasca liburan di mana yen menguat dan saham AS alami koreksi.
Indeks Topix merosot sebesar 0,2 persen ke level 1,311.70 pukul 09:01 pagi di Tokyo, dengan 28 saham dari 33 saham sub industri melemah. Indeks ditutup pekan lalu di level tertingginya sejak Juli 2008 lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun sebesar 0,4 persen ke level 15,893.17 hari ini. Yen menguat kurang dari 0,1 persen ke level 107,16 per dolar, memperpanjang kenaikan sebesar 0,1 persen kemarin. Federal Reserve akan memulai pertemuan kebijakannya dua hari hari ini.
Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 sedikit berubah. Setelah indeks saham acuan di tutup turun 0,1 persen kemarin pasca jatuh 0,6 persen pada 12 September. Saham Internet dan saham lapis kedua merosot, mengirimkan indeks Nasdaq Composite mendekat level satu bulan terendahnya, karena investor melakukan aksi jual beberapa saham berkinerja terbaik.
Data ekonomi yang dirilis kemarin menunjukkan produksi industri AS secara tak terduga turun pada bulan Agustus untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan terakhir seiring para produsen mobil mulai memperlambat perakitan. The Fed mengukur kekuatan ekonomi AS seiring diturunkannya program pembelian obligasi yang tetap di jalur untuk mengakhiri pembelian pada tahun ini. Bank sentral telah mengatakan sejak Maret lalu bahwa tingkat suku bunga akan tetap rendah untuk “waktu yang cukup” pasca menyelesaikan pembelian aset yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif.
Sumber: Bloomberg