PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Indeks Saham Asia Stagnan Jelang Pertemuan The Fed

saham hongkong

Pagi ini perdagangan indeks saham Asia sedikit berubah setelah indeks regional tersebut turun selama tiga hari terakhir karena investor menunggu indikasi pertumbuhan ekonomi dan arah kebijakan lebih lanjut dari Federal Reserve.
Index MSCI Asia Pacific diperdagangkan pada level 143,76 pukul 09:03 pagi di Tokyo, sebelum pasar saham Hong Kong dan China dibuka. Pekan lalu indeks tersebut menyentuh level tertinggi sejak Juni 2008 di tengah membaiknya data ekonomi AS dan indikasi pertumbuhan China yang tetap stabil. Pertemuan kebijakan the Fed selama dua hari akan dimulai pada hari ini.
Menurut estimasi rata-rata dari 43 ekonom yang dikumpulkan oleh Bloomberg The Fed akan mengurangi program stimulasi pembelian aset sebesar US$ 10 miliar untuk bulan kelima berturut-turut, menjadi US$ 35 miliar. Selain itu, analis memprediksi data yang akan dirilis hari ini akan menunjukkan pertumbuhan harga konsumen AS yang bertahan di angka 2 persen pada bulan Mei dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan jumlah ketersediaan rumah baru mungkin turun ke angka 1,03 juta dari tingkat tahunan sebesar 1,07 juta di bulan April lalu.
Dana Moneter Internasional (IMF) kemarin memangkas proyeksi pertumbuhan untuk ekonomi AS untuk tahun 2014. IMF hanya melihat ekspansi ekonomi sebesar 2 persen, atau turun dari perkiraan bulan April sebesar 2,8 persen, sementara prediksi untuk tahun 2015 tidak berubah sebesar 3 persen. Pemberi pinjaman dunia tersebut mengatakan tidak memperkirakan kesempatan tenaga kerja penuh di Amerika tidak akan terlihat sampai akhir tahun 2017 di tengah rendahnya tingkat inflasi.

 

Sumber: Bloomberg