PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Indeks Topix Jepang Menguat Pasca Rilis Laporan GPIF untuk Membeli Banyak Saham

indeks topik jepang

Indeks Topix Jepang naik, membalikkan penurunan sebelumnya pasca rilis laporan dana pensiun terbesar di negara itu yang berencana untuk meningkatkan kepemilikan saham domestik lebih dari yang diperkirakan analis.
Indeks Topix naik sebesar 0,6 persen ke level 1,258.12 pada penutupan di Tokyo, setelah merosot sebanyak 0,7 persen. Indeks itu turun 3,2 persen dalam lima hari hingga kemarin. Sebesar 126.6 triliun yen ($1.2 miliar) Dana Pensiun milik Pemerintah berencana untuk meningkatkan kepemilkan ekuitas lokal sebesar lebih dari 20 persen dari saat ini sebesar 12 persen, Reuters melaporkan, mengutip dari pejabat pemerintah tak dikenal dan pejabat yang wenang. Analis dan investor telah memperkirakan kenaikan sampai 20 persen, menurut survei Bloomberg News pada bulan Mei.
Saham Meiji Holdings Co, pembuat produk susu, melonjak sebesar 12 persen pasca melaporkan laba bersih yang mengalami kenaikan. Saham Fujifilm Holdings Corp menguat sebesar 5,4 persen setelah pemerintah AS mengatakan sedang dalam pembicaraan untuk mendapatkan obat flu eksperimental perusahaan yang disetujui untuk mengobati Ebola. Saham Mitsui Fudosan Co, perusahaan terbesar real-estate bangsa, anjlok 1,3 persen setelah melaporkan laba kuartalan yang lebih rendah.
GPIF akan memangkas kepemilikan obligasi lokal sekitar 40 persen dan mengalihkan uang ke dalam saham global, menurut laporan Reuters. Yen melemah 0,3 persen menjadi 102,38 per dolar. Dana tersebut belum membuat keputusan portofolio inti baru, Presiden GPIF Takahiro Mitani mengatakan melalui telepon hari ini ketika diminta untuk mengomentari laporan tersebut.
Sumber: Bloomberg