PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

India Jadi Rebutan Raksasa Teknologi

India Jadi Rebutan Raksasa Teknologi
Jakarta, Rifan Financindo Berjangka?- Tak lama setelah kunjungan CEO Apple Tim Cook ke India, CEO Microsoft Satya Nadella melakukan langkah yang sama. Kunjungan ini menandai betapa penting India bagi perusahaan teknologi multinasional.

Apple terbilang baru mengarahkan fokusnya pada India. Perusahaan pembesut iPhone ini berupaya mencari pasar baru, setelah China pendapatannya di China menurun 11%. India menjadi daya tarik tersendiri, dengan angka penjualan iPhone tumbuh 56% dari tahun ke tahun dalam kuartal baru-baru ini.

Berbeda dengan Microsoft, raksasa software ini boleh dibilang adalah pemain lama di pasar India. Apalagi sejak kepemimpinan Satya Nadella yang berdarah India, Microsoft punya kedekatan khusus dengan Negeri Taj Mahal tersebut.

September tahun lalu, Microsoft mengumumkan ketersediaan layanan Microsoft Azure dari wilayah data center lokal di India, disusul selanjutnya Office 365 dan layanan CRM Online.

Berdasarkan data Gartner, pasar layanan cloud di India diproyeksikan tumbuh 30,4% pada 2016 menjadi USD 1,26 miliar. Dengan layanan cloud dari data center lokal yang ditawarkan Microsoft, industri seperti bank, layanan finansial, pemerintahan dan lembaga milik pemerintah bisa menyimpan data mereka di server di yang lokasinya berada di negeri sendiri.

Selain mengadakan sejumlah pertemuan penting, kunjungan sehari Nadella ke India, dimanfaatkan dengan bertemu customer, startup dan para developer.

Sumber lain melansir, Microsoft sedang melobi India untuk menyediakan konektivitas ke area terpencil melalui spektrum TV yang tidak terpakai. Langkah ini akan ditentang para penyedia layanan internet mobile yang menginginkan spektrum tersebut dilelang.

Selain operasional penjualan dan pemasaran, Microsoft juga gencar melakukan pengembangan produk global dan riset di India.

Sumber:?http://inet.detik.com/