PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Investasi Gold Baik dalam Bentuk Fisik atau Nonfisik

gold

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Hingga saat ini masih banyak orang yang menjatuhkan pilihan investasinya kepada emas, alias gold karena nilainya yang cenderung stabil dan tidak terpengaruh oleh inflasi. Jika inflasi meninggi, harga emas justru meningkat bahkan hingga mencapai dua kali lipat jika inflasi menyentuh titik 100%. Oleh karena itu emas hingga sekarang tetap dianggap sebagai? investasi yang menguntungkan.

Selain berfungsi sebagai investasi, pemakaian perhiasan emas bagi wanita merupakan salah satu penanda status sosial yang tinggi dan kemakmuran. Jika Anda termasuk orang yang lebih berminat melakukan investasi dalam bentuk logam berharga ini, berikut ini adalah berbagai jenis investasi emas yang dapat Anda pilih.

Investasi emas secara fisik

 

  • Perhiasan emas

Anda atau siapa pun dapat berinvestasi dengan membeli perhiasan emas, baik untuk disimpan atau dikenakan pada acara-acara khusus, karena perhiasan dari logam mulia ini dapat dibeli mulai dari satuan gram. Investasi dalam perhiasan emas disarankan bertujuan jangka panjang dan emas yang dipilih adalah emas murni 24 karat. Anda tidak akan memperoleh keuntungan berarti jika perhiasan emas digunakan sebagai investasi jangka pendek, karena toko emas hanya bersedia membayar harga emasnya saja tanpa biaya pembuatan perhiasan. Oleh karena itu lebih cocok jika perhiasan baru dijual minimal 10 tahun kemudian ketika harganya telah naik sangat tinggi.

  • Emas batangan

Investasi gold dalam bentuk emas batangan akan lebih mudah untuk dijual karena pembeli tidak perlu membayar ongkos pembuatan seperti dalam bentuk perhiasan. Emas batangan sebaiknya tidak disimpan di rumah, demi keamanan Anda dapat menggunakan fasilitas safe deposit box di bank-bank dengan membayar tarif tertentu.

  • Koin emas

Bila tidak mempunyai dana yang cukup, Anda bisa berinvestasi emas dalam bentuk koin emas yang dapat dibeli di toko-toko? emas, Perum Pegadaian, atau di unit pengolahan dan pemurnian logam. Jika ingin menabung untuk biaya naik haji, Anda bisa menggunakan fasilitas koin emas ONH yang pada prinsipnya sama dengan investasi emas lainnya, hanya tujuannya adalah untuk ongkos ibadah haji.

 

Investasi emas non fisik

 

  • Investasi emas gadai

Perhiasan, koin, atau emas batangan yang Anda miliki, bisa diinvestasikan sebagai modal usaha dengan cara digadaikan. Jika usaha yang Anda jalankan mengalami kesuksesan, emas yang Anda gadai dapat ditebus untuk diambil kembali, sementara itu setiap bulan Anda harus membayar cicilan sesuai dengan nilai pinjaman Anda.

  • Future gold

Future gold atau perdagangan berjangka dengan memperjualbelikan emas sebagai komoditas bisa menjadi pilihan investasi emas non fisik. Keuntungan trading emas ini didapatkan dari selisih harga beli dan jual emas, ketika Anda dapat membeli emas dengan harga tertentu dan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. Dengan modal 1000 gram emas atau 1 lot, Anda dapat memulai trading di bursa berjangka.

  • Sertifikat emas

Sertifikat emas adalah bukti kepemilikan Anda atas sejumlah emas yang tersimpan di bank. Investasi dengan sertifikat emas? ini lebih aman daripada menyimpan emas dalam bentuk fisik karena Anda tidak perlu membayar ongkos penyimpanan di safe deposit box, dan selain itu bisa diuangkan setiap waktu kapan pun Anda memerlukan dana tunai.

Demikianlah berbagai jenis investasi gold baik dalam bentuk fisik atau pun nonfisik. Anda dapat memilih jenis investasi yang paling mudah dan menguntungkan dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan penasehat keuangan atau perencana investasi. Yang jelas, emas adalah investasi dengan nilai yang semakin tinggi seiring berjalannya waktu dan anti inflasi.