PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Investor Kaji Outlook Suku Bunga, Emas Pertahankan Gain

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Emas mempertahankan kenaikan pertama dalam 10 hari karena investor melihat rilis data AS minggu ini termasuk payroll bulanan yang akan membentuk pemikiran para pembuat kebijakan Federal Reserve terkait menaikkan suku bunga dalam beberapa bulan ke depan.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan di $ 1,216.18 per ons pada pukul 10:10 pagi di London dari $ 1,215.32 pada hari Selasa, ketika logam naik 0,9 persen, menurut Bloomberg. Emas telah kehilangan 6,1 persen pada bulan Mei, penurunan bulanan terbesar sejak November.

Kinerja emas yang suram pada bulan lalu memangkas reli tahun ini menjadi 15 persen, dengan investor menguraikan data dan komentar dari eksekutif The Fed untuk mengukur kemungkinan kebijakan pengetatan. Kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan Juni atau Juli naik bersama dengan dolar pada bulan lalu, menekan emas yang tidak memberikan bunga.

The Fed Beige Book, survei kondisi ekonomi, dirilis pada hari Rabu, diikuti oleh non-farm payrolls pada hari Jumat. Ketua The Fed Janet Yellen dijadwalkan berbicara di Philadelphia pada tanggal 6 Juni. Bank Sentral Eropa juga mengumumkan keputusan kebijakan terbarunya pada hari Kamis.

Kenaikan emas pada hari Selasa diikuti oleh angka yang menunjukkan kepercayaan konsumen AS secara tak terduga turun sementara indeks manufaktur melemah.

Indeks pabrik resmi China untuk bulan Mei yang dirilis pada hari Rabu tetap berada tepat di atas garis pemisah yang mengisyaratkan peningkatkan kondisi untuk bulan ketiga, menambah bukti terbaru dari stabilisasi ekonomi kedua terbesar di dunia tersebut.

Perak sedikit berubah di $ 15,98 per ons setelah merosot 10 persen pada bulan Mei, penurunan bulanan terbesar sejak September 2014.(frk)

 

 

Sumber: Bloomberg