PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Investor Saham di Aceh Baru 4.000 Orang | PT Rifan Financindo Berjangka

Penduduknya 5 Juta, Investor Saham di Aceh Baru 4.000 Orang

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Jumlah investor saham Aceh di pasar modal masih sangat sedikit yaitu baru sekitar 4.000 orang. Meski demikian, jumlah transaksi hingga Juni 2016 sudah mencapai Rp 600 miliar.

Investor saham di Aceh masih didominasi oleh warga Kota Banda Aceh mencapai 1.500 orang dan kemudian disusul Kabupaten Aceh Besar. Tingkat kesadaran masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal mulai meningkat.

Untuk melayani masyarakat yang ingin berinvestasi saham di pasar modal, saat ini ada lima galeri investasi di Tanah Rencong. Lokasinya berada di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Banda Aceh, Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Almuslim Bireuen, dan IAIN Cot Kalau Langsa.

“Saat ini jumlah penduduk Aceh itu mencapai hampir 5 juta orang. Tapi investor saham itu baru hampir 4 ribu orang,” kata Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Aceh Thasrif Murhadi dalam workshop yang digelar di The Pade Hotel, Aceh Besar, Senin (5/9/2016).

BEI ke depan, kata Thasrif, akan membuka galeri investasi di wilayah tengah dan barat Aceh. Tujuannya, agar masyarakat lebih mudah untuk mengakses soal investasi di pasar modal.

Menurut Thasrif, jumlah transaksi pasar modal di Aceh meningkat tajam dibandingkan tahun lalu yaitu mencapai dua kali lipat. Hingga pertengahan 2016, jumlah transaksi sudah mencapai lebih dari setengah triliun.

“Jumlah transaksi sampai Juni 2016 lebih Rp 600 miliar,” jelas Thasrif.

BEI Aceh menargetkan tahun ini ada 4.180 investor saham di pasar modal. Sementara untuk angka transaksinya, Thasrif menargetkan naik hingga dua kali lipat.

“Di Aceh sekarang ada empat sekuritas yaitu BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, MNC Sekuritas dan Mega Capital. Tapi ada juga galeri investasi di Aceh yang bekerja sama dengan sekuritas di luar Aceh,” ungkap Thasrif.

(id, RifanFinancindo)