PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

iPhone X Sudah Dijual di Indonesia, Tapi… | PT Rifan Financindo

2d616c00-d661-448c-addd-69423cd335a4

Jakarta, PT Rifan Financindo – iPhone X baru dijual mulai hari ini di sejumlah negara terpilih, dan Indonesia bukan salah satunya. Namun bukan berarti belum ada yang menjual ponsel jagoan Apple itu di Indonesia walaupun tentu bukan dengan cara yang resmi.

Dalam pantauan detikINET dari berbagai situs marketplace, sudah ada penjual yang menawarkan iPhone X di toko onlinenya itu. Namun uniknya hal ini hanya kami temukan di situs Bukalapak, sementara di situs lain seperti Tokopedia, pencarian dengan kata kunci ‘iPhone X’ tak memunculkan hasil apapun.

Di situs Bukalapak setidaknya detikINET menemukan ada dua pedagang yang menjual iPhone X. Salah satunya menjual iPhone X versi 64 GB dengan harga Rp 23,5 juta. Sementara di pedagang yang lain harganya adalah Rp 20 juta untuk varian yang sama.

Si pedagang menyebutkan kalau iPhone X yang dijualnya itu adalah barang bergaransi Singapura. Apple sendiri belum menjual iPhone X secara resmi di Indonesia, karena Indonesia tak termasuk dalam daftar negara yang pertama kebagian ponsel jagoannya itu.

Sebagai informasi, Apple Store di Singapura per hari ini, Jumat (3/11/2017), sudah mulai menjual iPhone X. Harga yang ditawarkan di toko resmi Apple tersebut adalah SGD 1.648 atau sekitar Rp 16,3 juta (SGD 1 = Rp 9.800) untuk yang varian 64 GB dan SGD 1.888 atau senilai Rp 18,6 juta untuk varian 256 GB.

Terkait urusan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), iPhone X sebenarnya sudah mengantongi sertifikasi tersebut. Informasi ini terungkap melalui laman Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) di situs Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Di salah satu dokumennya tertulis kalau iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X telah memenuhi 30%. Sertifikatnya sendiri tercatat atas nama PT Apple Indonesia, dan diterbitkan pada 13 Oktober 2017 lalu.

sumber: detik

id – PT Rifan Financindo Berjangka