PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Jelang Keputusan ECB, Emas Dekati Level 4 Bln Terendahnya

emass

Emas dekati level 4 bulan terendahnya pada hri Kamis ini, akan tetapi menghadapi resiko penurunan tajam jika hasil pertemuan ECB (European Central Bank) memangkas acuan suku bunga, sehingga hal tersebut mampu mendongkrak kenaikan dollar dan memberikan tekanan kepada emas bullion.
Spot emas naik tipis ke level $1,244.01 per ounce pukul 08:39 waktu Singapura. Emas ditutup berada pada level 4 bulan terendahnya dengan level $1,240.61.
ECB diperkirakan akan memangkas acuan suku bunga pada hari Kamis ini, yang akan mendorong bunga deposito untuk pertama kalinya ke wilayah negatif. ECB diperkirakan juga akan menawarkan yang berhubungan dengan pinjaman jangka panjang untuk hutang berlanjut, akan tetapi BOJ (Bank of Japan) meluncurkan pembelian asset dalam skala besar.
Melemahnya euro dan penguatan dollar akan menyebabkan emas dalam denominasi dollar akan lebih mahal dari pemegang mata uang lainnya.
Pasar juga sedang fokus pada data daftar gaji sektor non pertanian AS yang akan dirilis Jumat mendatang untuk mengetahui kekuatan ekonomi. Laporan data ekonomi yang menunjukkan penurunan dapat memberikan keuntungan bagi emas sebagai aset safe haven.
Berita dari logam mulia lainnya, Menteri Pertambangan Afrika Selatan yang baru Ngoako Ramatlhodi menyatakan bahwa dia berharap pemogokan tenaga kerja pada tambang platinum akan berakhir pekan ini dan himpunan AMCU juga merasa optimis mengenai pemogokan yang telah berlangsung selama 5 bulan tersebut akan berakhir.
Sumber : Bloomberg