PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Jelang Uji Coba Ganjil Genap, Kadishub DKI: Doain Berhasil Dong! | PT Rifan Financindo Berjangka

02414b60-158e-4e90-816a-71b139013046_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Puluhan petugas Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta akan diterjunkan mengawasi penerapan pembatasan lalu lintas ganjil-genap di yang akan diuji coba di Jakarta pada Rabu 27 Juli 2016. Bagi pelanggar aturan ini bakal dikenai sanksi.

“Ya doain biar berhasil dong, besok pagi pukul 06.00 WIB kami mulai start,” kata Kadishubtrans DKI Jakarta Andri Yansyah, Selasa (26/7/2016).

Andri menargetkan uji coba ganjil genap ini bisa mengurai kemacetan Ibu Kota. “Ya kan memang target kita berkurang lah 20 sampai 30 persen apalagi kita masih ada keterbatasan orang. Pengawasan kita sifatnya masih manual. Nanti (personel pengawasan) kami kasih 60 orang (Dishub) pagi dan 60 orang sore. Itu nanti beda lagi sama polisi dan Satpol PP,” ujarnya.

Selama uji coba, kata Andri, pelanggar akan dikenai sanksi berupa tilang di tempat. Andri menambahkan saat ganjil genap sudah diterapkan nanti sanksi yang diberlakukan akan lebih ‘keras’. “Kalau saat melanggar diberi sanksi yang keras nanti akan jadi efek jera, uji coba kami enggak ada sidang dulu. Nanti,” kata Andri.

Sistem ganjil-genap diberlakukan sebagai transisi menuju pemberlakuan sistem jalanan berbayar alias Electronic Road Pricing (ERP). Sistem ganjil-genap berdasarkan nomor polisi kendaraan bermotor itu diharapkan bisa mengurangi kemacetan hingga 50 persen.

Sebelumnya diberitakan, uji coba pembatasan lalu lintas ganjil-genap di Jakarta akan dilakukan pada 27 Juli-26 Agustus 2016 pukul 07.00-10.00 dan 16.00-20.00. Uji coba di jalan bekas kawasan 3 in 1 yaitu Jl Sisingamangaraja, Jl Sudirman, Jl MH Thamrin, Jl Medan Medan Merdeka Barat, dan sebagian Jl Gatot Subroto.

Kendaraan yang lewat di jalan itu harus kendaraan dengan angka terakhir pelat nomor genap pada tanggal genap dan sebaliknya. Bagi kendaraan pribadi yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku hari itu, harus memilih jalur alternatif untuk sampai ke tujuan.

(id, Rifan Financindo)