PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Kalahkan Polandia Lewat Adu Penalti, Portugal ke Semifinal

d7c7ae85-3590-456c-ab61-64f5a849f263_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Portugal melaju ke babak semifinal ajang Piala Eropa 2016. Tim besutan Fernando Santos itu menyingkirkan Polandia lewat adu tendangan penalti dengan skor 5-3.?Saat melakoni pertandingan di Stade Velodrome, Jumat (1/7/2016) dini hari WIB, Polandia unggul cepat lewat Robert Lewandowski di menit kedua. Portugal baru bisa menyamakan kedudukan di menit 33. Renato Sanches yang mencatatkan namanya di papan skor.

Pertandingan harus berjalan hingga adu penalti setelah tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa pertandingan. Skornya imbang 1-1, padahal banyak peluang tercipta di sepanjang pertandingan.

Portugal dicatat situs resmi turnamen mampu membukukan 21 percobaan, enam tepat sasaran. Sementara itu, Polandia melakukan 14 kali percobaan, lima menemui bidang.

Di babak adu penalti, kelima penendang Portugal bisa menceploskan bola ke dalam gawang. Sementara itu, penendang keempat Polandia, Jakub Blaszczykowski, gagal.

Portugal memetik kemenangan di babak tos-tosan dengan skor akhir 5-3. Mereka pun akan menantang pemenang laga antara Wales melawan Belgia di babak semifinal.

Jalannya Pertandingan

Polandia mendapatkan peluang pertama di menit kedua. Cedric Soares melakukan kesalahan di sisi sayap kanan. Kamil Grosicki bisa menguasai bola di sisi sayap kiri, lalu mengirim umpan ke tengah kotak penalti.

Lewandowski yang sudah menunggu di kotak penalti, bisa melakukan sepakan kaki kanan mendatar yang gagal di antisipasi oleh kiper Portugal, Rui Patricio. Polandia pun unggul 1-0 saat pertandingan berjalan dua menit.

Portugal mengancam di menit 10. Sepakan jarak jauh Ronaldo masih belum tepat sasaran karena bisa diblok barisan belakang Polandia.

Arkadiusz Milik melakukan percobaan di menit 15. Sial, sepakan pemain nomor punggung tujuh Polandia itu masih belum membuahkan hasil.

Sepakan Lewandowski dua menit kemudian juga masih belum mampu menggandakan keunggulan Polandia karena masih aman di tangan Patricio.

Ronaldo mengancam di menit 28. Ancaman itu dilakukan lewat satu sepakan jarak jauh, yang masih bisa ditangkap oleh Lukasz Fabianski.

Lima menit kemudian Renato Sanches bisa memecah kebuntuan Portugal. Meneruskan umpan Nani dengan tumit, dia bisa mengecoh pemain belakang Polandia, lalu melepaskan sepakan kaki kiri. Bolanya sempat membentur Grzegorz Krychowiak, hingga gagal dijangkau oleh Fabianski.

Tujuh menit berselang, Nani yang melepaskan percobaan. Sialnya, upayanya itu masih belum menemui bidang. Di sisa babak pertama tak ada gol tambahan, skornya sama kuat 1-1 saat turun minum.

Empat menit setelah turun minum, Polandia langsung mengancam. Sial usaha Lewandowski itu masih belum membuahkan hasil.

Sama halnya dengan upaya Ronaldo di menit 56. Bolanya juga masi melebar.

Milik juga melakukan upaya untuk mencetak gol di menit 69, tapi usahanya itu diselamatkan oleh Patricio.

Jose Fonte mengancam di menit 79 lewat sundulan kepalanya. Arahnya sudah tepat sasaran, tapi Fabianski masih sigap dengan menangkapnya.

Ronaldo melewatkan peluang emas di menit 85. Sudah melepaskan diri dari jebakan offside saat menerima umpan daerah Joao Moutinho, dia gagal menendang bola dari jarak dekat.

Di sisa pertandingan tak ada gol tercipta, pertandingan antara Portugal melawan Polandia pun harus berlanjut hingga babak tambahan.

Nani mencatatkan peluang pertama di babak tambahan waktu di menit 98. Sialnya, sepakannya masih melenceng. Sama halnya yang dilakukan Milik semenit kemudian, bola tendangannya dari luar kotak penalti masih melambung.

Nani kembali mencoba peruntungan di menit 102. Bola tendangan spekulasinya sudah menemui bidang, tapi bisa ditangkap dengan sempurna oleh Fabianski.

Di sisa babak pertama tambahan waktu masih belum ada gol tercipta, skor masih sama kuat 1-1.

Bartosz Kapustka gagal memanfaatkan peluang terbuka di menit-menit akhir babak kedua tambahan waktu sepakannya masih bisa diblok barisan belakang Portugal di sisa pertandingan tak ada gol tercipta, laga harus diselesaikan hingga adu tendangan penalti.

Ronaldo menjadi penendang pertama Portugal, dia sukses menaklukkan Fabianski. Lewandowski langsung membalasnya dengan eksekusi yang mengecoh Patricio.

Renato menunaikan tugasnya dengan sempurna sebagai penendang kedua, bola sepakannya ke arah pojok kiri atas gawang. Milik juga sukses mengirim bola masuk ke gawang. Skor sama kuat 2-2.

Moutinho sukses mengecoh Fabianski, Portugal unggul 3-2. Kamil Glik sukses menaklukkan Patricio, kedudukan kembali sama kuat 3-3.

Nani sukses menjadi algojo, pengarahan bolanya ke sisi kiri gawang Polandia mengecoh Fabianski. Patricio mampu melakukan penyelamatan gemilang, dia menepis eksekusi Blaszczykowski.

Ricardo Quaresma mengirim Portugal lolos ke babak semifinal usai menaklukkan Fabianski. Portugal menang dengan skor akhir 5-3 di babak tos-tosan.

Susunan Pemain:

Polandia: Fabianski; Piszczek, Glik, Pazdan, Jedrzejczyk; Blaszczykowski, Krychowiak, Maczynski (Jodlowiec 98), Grosicki (Kapustka 82); Lewandowski, Milik

Portugal: Patricio; Cedric, Pepe, Fonte, Eliseu; Adrien Silva (Moutinho 73), Renato, William (Danilo 95), Mario (Quaresma 80); Nani, Ronaldo.?RifanFinancindoBerjangka