PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Kapal Meledak di Bali | PT Rifan Financindo Berjangka

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Seorang turis Jerman tewas dan 20 lainnya cedera akibat ledakan di sebuah kapal cepat yang mereka tumpangi dari Bali ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Turis Jerman itu, menurut Kepala Polres Karangasem, Bambang Sudarso, berjenis kelamin perempuan.

?Salah satu penumpang perempuan meninggal dunia akibat cedera kepala setelah terkena hantaman puing kapal yang juga menyebabkan cedera pada penumpang lain,? kata Bambang sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Puluhan korban cedera, lanjut Bambang, berasal dari berbagai negara, termasuk Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, dan Korea Selatan. Sebagian di antara mereka telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Ledakan tersebut terjadi ketika kapal bernama ?Gili Cat 2? itu baru melaju 200 meter dari Pelabuhan Padang Bai, Kabupaten Karangasem, Bali, pada Kamis (15/9) pagi waktu setempat.

Belum diketahui penyebab ledakan, namun tim Gegana telah diturunkan. Meski demikian, Kepala Polres Karangasem, Bambang Sudarso, menduga kecil kemungkinan ledakan disebabkan oleh bom.

?Berdasarkan kesaksian (dari para penumpang) dan dari apa yang saya lihat di lokasi kejadian, ledakan berasal dari tangki bahan bakar. Di atasnya ada aki sehingga mungkin ada korsleting yang berdampak pada tangki bahan bakar,? kata Bambang Sudarso.

Insiden yang melibatkan transportasi laut kerap terjadi di Indonesia, termasuk Bali.

Pada Maret lalu, misalnya, sebuah kapal feri tenggelam di Selat Bali saat bertolak dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali, menuju Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur.

Dalam peristiwa itu, sebanyak lima orang ditemukan tewas.

(id, RifanFinancindo)