PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Karang Raja Ampat Rusak Gara-Gara Kapal Pesiar Inggris | PT Rifan Financindo

264f83a7-c4be-43cc-90ef-3a9c6f9ea1fc_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Cerita sedih karang rusak di Raja Ampat terulang lagi. Kali ini karang cantik di Pulau Kri rusak gara-gara kandasnya Kapal Pesiar Inggris Caledonian Sky.

Setelah sebelumnya karang cantik di Raja Ampat mengalami tindakan vandalisme, kali ini kejadian yang lebih parah justru terulang kembali. Tutupan karang seluas sekitar 1.600 meter persegi rusak parah akibat dihantam kapal pesiar Inggris Caledonian Sky yang kandas di perairan tersebut.

Kejadian ini pun menjadi viral di sosial media Facebook, setelah akun Facebook Stay Raja Ampat membagikan foto-fotonya pada Sabtu (4/3/2017) pekan lalu. Beberapa media internasional seperti Guardian Inggris pun turut memberitakan peristiwa ini.

Ditelusuri detikTravel dari beberapa sumber Minggu (12/3/2017), Kapal Pesiar Caledonian Sky yang dioperasikan operator tur Noble Caledonia diketahui kandas di perairan sekitar Pulau Kri, Raja Ampat, Sabtu (4/3) lalu. Kapal ini kandas setelah selesai melakukan kegiatan wisata pengamatan burung di Pulau Waigeo.

Kandasnya kapal pesiar Caledonian Sky di sekitar perairan dangkal Pulau Kri mengakibatkan kerusakan tutupan karang sekitar 1.600 meter persegi. Sementara badan kapal tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Kapal pesiar seberat 4.290 Ton ini diketahui membawa sekitar 102 orang penumpang dari Papua Nugini menuju ke Filipina. Semua penumpang dilaporkan selamat dari kejadian tersebut.

Setelah air laut pasang kembali, kapal akhirnya bisa melanjutkan perjalanan. Kapal berbendera Bahama ini dijadwalkan tiba di Manila, Filipina pada 14 Maret mendatang.

Mengenai kejadian rusak ini, juru bicara Noble Caledonia menyatakan komitmennya untuk mendukung proses investigasi yang tengah berlangsung oleh otoritas setempat, untuk mencari tahu penyebab insiden tersebut bisa terjadi. Pihaknya juga siap kooperatif dalam hal perlindungan lingkungan.

“Noble Caledonia sangat tegas berkomitmen untuk melindungi lingkungan, untuk itu kami sangat mendukung agar insiden ini sepenuhnya diselidiki. Kami akan mengambil pelajaran atas kejadian ini dan memperbaiki standar operasional operasi kami,” ujar juru bicara tersebut.

Kerusakan karang di Raja Ampat ini merupakan kejadian yang cukup memilukan. Setelah bulan Februari lalu, ada kasus tindakan vandalisme yang dilakukan oleh penyelam tidak bertanggung jawab yang sampai sekarang juga belum terungkap. Semoga setelah kejadian ini, tidak ada kejadian lagi tentang kerusakan karang di Raja Ampat!

 

 

Rifan Financindo