PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Kekuatan Rupiah Hari Ini Diuji oleh Kondisi Eropa

1309112thr780x390

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Nilai tukar rupiah bakal kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Selasa (10/2/2015). Kondisi teraktual di Uni Eropa ikut memengaruhi posisi rupiah di tengah pergerakan indeks dollar AS sebagai mata uang utama di pasar global.

Euro berhasil naik tipis setelah Sentix investor confidence Zona Euro menuju titik tertingginya dalam 9 bulan terakhir. Sementara itu neraca perdagangan Jerman juga naik surplusnya.

Harga minyak Brent kembali naik menuju 58,2 dollar AS per barrel seiring dengan masih ramainya isu penurunan produksi, walaupun dalam jangka menengah peluang minyak untuk kembali turun masih cukup besar.

Pagi ini investr menunggu data inflasi China yang diperkirakan turun. Penurunan inflasi itu ditafsirkan karena turunnya harga minyak mentah, namun juga bisa berarti perlambatan ekonomi.

Rupiah melemah hingga Senin (9/2/2015) sore bersama mata uang lain di Asia. Penguatan tajam indeks dollar index hingga akhir pekan lalu, menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, ternyata berhasil terbawa hingga perdagangan hingga Senin kemarin.

Aksi jual juga terlihat di pasar SUN di tengah tren penguatan semenjak awal tahun ini. Kenaikan imbal hasil SUN bersamaan dengan kenaikan imbal hasil US Treasury dan imbal hasil obligasi Yunani. Pelemahan rupiah berpeluang tertahan hari ini dengan tertekannya indeks dollar AS dini hari tadi walaupun efek negatif dari Yunani masih akan terus membayangi pergerakan mata uang di Asia.

Sumber:?http://bisniskeuangan.kompas.com/