PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Kekurangan dan Keunggulan Bisnis Franchise

frenchise

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Sekitar 2 dekade lalu, bisnis franchise biasanya identik dengan usaha pembukaan jaringan makanan cepat saji dari luar negeri, dan tidak banyak variasi usaha franchise lokal. Kini bisnis waralaba alias franchise tidak hanya milik usaha luar negeri, namun juga pengusaha lokal. Mulai dari bisnis makanan ringan, minuman, kedai kopi, toko pakaian, bahkan hingga usaha laundry dan bimbingan belajar, berbagai usaha ini berkembang pesat di Indonesia dan memberi makin banyak kesempatan usaha bagi banyak orang.

Bisnis franchise bisa dijadikan alternatif usaha mandiri jika Anda tidak memiliki bekal membuka perusahan atau bisnis dari nol. Dengan pertambahan penduduk Indonesia yang semakin pesat serta makin bertambahnya jumlah konsumen kelas menengah yang mampu membeli produk waralaba, potensi usaha franchise di Indonesia masih akan potensial hingga berpuluh-puluh tahun ke depan. Walaupun memiliki banyak keunggulan yang patut dipertimbangkan, bisnis waralaba pun memiliki kelemahan. Hal-hal ini harus diperhitungkan dengan seksama jika Anda memutuskan untuk menjadi salah satu pemilik usaha jaringan waralaba, baik dalam maupun luar negeri.

 

Keunggulan dan Potensi Bisnis Franchise

Pada dasarnya, prinsip bisnis franchise sederhana; Anda mencari jenis usaha franchise yang sedang berkembang dan mengajukan aplikasi untuk menjadi pemilik usaha. Biasanya, Anda juga harus memilih di antara beberapa jenis paket usaha sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda. Misalnya, untuk bisnis penjualan hamburger, Anda mungkin harus memilih antara membuka kedai makan keluarga atau drive in. Akan tetapi, ada juga usaha franchise yang tidak menawarkan variasi paket bisnis.

Setelah membayar sesuai harga paket bisnis, Anda kemudian akan mendapatkan semua yang Anda butuhkan untuk memulai usaha; paket bisnis, panduan usaha, peralatan, bahan baku atau perlengkapan yang dibutuhkan, manual pelatihan, desain toko, dan sebagainya sesuai jenis usaha. Jadi, Anda bisa dibilang hanya menyediakan modal dan tempat. Tempat usaha mungkin berupa gedung kosong, rumah pribadi, kios di dalam pusa perbelanjaan dan sebagainya.

Kesimpulannya, bisnis franchise bisa dijadikan sarana usaha bagi Anda yang ingin memulai bisnis namun tidak memiliki pemahaman tentang cara-cara memulai usaha sejak awal. Apalagi, sekarang banyak bisnis franchise lokal yang harga paket bisnisnya tidak semahal franchise luar negeri, misalnya bisnis jual es dawet, warung mi ayam, restoran ikan bakar, kios makanan ringan lokal dan sebagainya.

 

Kekurangan Bisnis Franchise

Walapun kelihatannya memiliki banyak keunggulan, bisnis waralaba tetaplah suatu usaha yang membutuhkan modal besar, sehingga resikonya harus diperhitungkan. Banyak orang mengira bahwa jika sudah berhasil membeli paket bisnis franchise, maka usaha mereka akan sukses. Padahal, jika tidak pandai mengelola bisnis ini, usaha tidak akan berjalan lancar dan bangkrut hanya dalam beberapa tahun.

Selain itu, ada pula kekurangan bisnis franchise yaitu Anda jelas tidak bisa bebas berinovasi dengan bisnis Anda, karena harus mematuhi semua peraturan yang menjadi persyaratan setiap cabang franchise. Jika Anda adalah tipe pengusaha sejati yang senang berinovasi dan menciptakan ide-ide baru, memiliki bisnis franchise berarti harus tetap sejalan dengan apa yang sudah ditetapkan kantor pusat.

Bagi yang ingin memulai bisnis waralaba yang murah, ketahuilah bahwa kebanyakan bisnis franchise murah adalah bisnis baru yang potensi kesuksesannya di masa depan belum jelas. Jika bisnis tersebut tutup di masa depan karena suatu hal, Anda pun juga harus ikut tutup walupun seandainya Anda adalah pengelola yang hebat. Dengan semua keuntungan dan kelemahan bisnis franchise, Anda jelas harus berhati-hati sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah paket franchise.