PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Kerennya Stasiun dan Kereta Baru Bandara Soekarno-Hatta | PT RFB

c40a4553-8c50-4e3c-a2d7-183ea1b24318_169

Jakarta, Rifan Financindo – Satu lagi moda transportasi baru bagi masyarakat Jakarta yang ingin menuju ke Bandara Soekarno Hatta disiapkan. Dengan menggunakan kereta, Kereta Bandara Soekarno-Hatta menjadi moda transportasi rel pertama menuju Bandara Soetta yang bisa digunakan.

Kereta dari Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi pada 1 Desember 2017 mendatang. Di tahap awal berangkat dari Stasiun Sudirman Baru menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

detikFinance berkesempatan menjajal kereta yang akan beroperasi pada hari Jumat mendatang ini. Berdasarkan pantauan di lokasi, Selasa (28/11/2017), jika ingin masuk ke dalam stasiun bisa ditempuh dari Stasiun Sudirman Lama, atau langsung menuju ke depan gerbang masuk Stasiun Sudirman Baru.

Jika nanti sudah beroperasi, calon penumpang kereta yang ingin menggunakan kereta ini menuju bandara, bisa membeli tiket langsung di lokasi melalui mesin otomatis yang ada di stasiun atau melalui layanan online milik Railink.

Penumpang kemudian menuju peron dengan menggunakan lift, turun ke bawah lokasi kereta akan mengangkut penumpang. Kereta ini terdiri dari 12 set rangkaian kereta yang masing-masing setnya memiliki 42 bangku. Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. Interior keretanya didesain seperti di pesawat, penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan.

Menumpangi kereta ini menuju bandara semakin nyaman dengan suhu ruangan yang dingin dan kursi penumpang yang mulus dan lebar. Penumpang akan dibawa menuju Stasiun Bandara Soekarno Hatta dengan rute singgah terlebih dulu di Stasiun Duri dan Batu Ceper.

Waktu tempuh diperkirakan menelan waktu sekitar 45 menit. Waktu tempuh lebih pasti dikarenakan tidak terkena macet seperti transportasi lain menuju Bandara Soetta.

Setelah tiba di Stasiun Bandara Soetta, penumpang bisa melanjutkan ke masing-masing terminal keberangkatan menggunakan skytrain yang ada di integrated building. Bangunan ini terintegrasi langsung dengan terminal skytrain.

Penumpang yang memanfaatkan skytrain tidak perlu lagi membayar. Layanan skytrain di Bandara Soetta gratis dan terhubung dari Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3.

Sebagai informasi, di bulan pertama operasi, tarif kereta Bandara Soetta dipatok Rp 30.000 hingga 31 Desember 2017. Selanjutnya, di awal tahun tarif kereta Bandara Soekarno Hatta disesuaikan. Diperkirakan tarif normalnya menjadi Rp 100.000 per orang.

Di tahap awal pengoperasian Desember nanti, naik turun penumpang sementara bisa dilakukan di Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soetta. Waktu tempuhnya diperkirakan selama 45 menit.

Sedangkan setelah normal, kereta Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya akan melayani penumpang di 5 Stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Ketiga stasiun lainnya sedang tahap pembangunan.

PT Railink selaku operator kereta Bandara Soetta sendiri telah menyiapkan 10 trainset kereta Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. Jadwal pengoperasian kereta akan tiba setiap 30 menit sekali, mulai dari pukul 3 dini hari hingga jam 11 malam.

sumber: detik