PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Depan Mata

\Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Depan Mata\

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah membuat proyek kereta cepat semakin nyata. Pasalnya, konsorsium BUMN yakni PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) resmi melakukan joint venture dengan China Railway International Co. Ltd.

PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia ini terdiri dari PT Wijaya Karya (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Perkebunan Nusantara VIII, dan PT Jasa Marga (Persero).

Staff Khusus Menteri BUMN, Sahala Lumbangaol, mengatakan bahwa model bisnis proyek kereta cepat Jakarta-Bandung benar-benar aksi korporasi yang mengutamakan komersialisasi.

“Dengan demikian model bisnis ini tidak beratkan APBN dan ganggu pemerintah tidak ada jaminan pemerintah,” kata Sahala di Hotel Pullman Indonesia, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Dia menyebutkan, dengan adanya penandatanganan Joint Venture Agreement Signing ini juga menjadi episode baru merealisasikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Jadi saya sampaikan episode baru dimasa depan pembangunan infrastruktur tidak selalu lagi bebani APBN tapi kalau pembangunan infrastruktur bisa komersialisasi,” tambahnya.

Selain itu, kata Sahala, model aksi korporasi BUMN dalam menggarap kereta cepat Jakarta-Bandung ini bisa ditiru atau diimplementasikan diproyek-proyek infrastruktur lainnya. Seperti pelabuhan, jalan tol, dan lainnya.

Dengan resmi melakukan joint venture agreement signing antara PT PSBI dan China Railway diharapkan bisa menularkan pembangunan kereta cepat untuk wilayah lainnya.

“Pembangunan hight speed train (HST) tidak berhenti bangun HST Jakarta-Bandung kami juga harapkan sesuai yang disepakati pembangunan assembling playing stock segera dibangun di Indonesia,” tukasnya.

 

Sumber:?http://economy.okezone.com/