PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Kisah Artis Menjadi ‘Pembantu’ Infal | PT RFB

143345_pembantukonten

Jakarta, RifanFinancindo – Lebaran kali ini ada satu hal yang terasa mengganggu bagi Grace Natalie Louisa, 31 tahun. Mantan pembawa acara berita di salah satu televisi nasional ini siap-siap berakrobat karena ditinggal mudik asisten rumah tangganya mulai hari ini. “Ditinggal dua minggu,” kata dia kepada detikcom, Kamis (1/8).

Selama ini peran asisten rumah tangga cukup meringankan pekerjaan rumah Grace. Perempuan yang kini menjadi CEO pada lembaga survey Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) itu sudah bisa membayangkan, betapa repotnya ia selama dua pekan ke depan. Dia pun mulai bergiat mencari infal – pembantu khusus yang dipekerjakan saat mudik dan Lebaran-.

“Ini lagi nyari sih, aku minta supirku tanyain tetangganya yang tidak pulang kampung,” kata dia. Grace sengaja tidak memilih tenaga infal yang disalurkan banyak yayasan, karena harga jasa yang mahal. Maklum saja, saat Lebaran, jasa tenaga infal memang bisa naik sampai tiga kali lipat dari tarif normal.

Dia pun mengaku siap jika tidak menemukan pembantu pengganti. “Kalau enggak dapat ya terpaksa makan di restoran saja terus selama dua minggu, lebih murah ketimbang infal,” kata dia sambil tertawa.

Tak hanya soal makan, Grace pun sadar risiko kerepotan lainnya seperti mengurus cucian dan penataan rumahnya yang bermodel town house tiga setengah lantai itu. “Harus meminimalkan cucian, nyapu pel juga tiga hari sekali saja,” kata dia.

Penuturan senada juga datang dari pemain film dan model iklan Astri Nurdin, 35 tahun. Pemain film Coboy Junior ini mengaku selalu ditinggal mudik oleh pembantu setiap tahun. “Ada dua asisten dan satu supir yang akan mudik per tanggal 5 ini. Katanya sih seminggu tapi pengalaman yang sudah –sudah sih pasti molor,” kata dia kepada detikcom, Kamis (1/8).

Bagi Ibu dari Indira, 7 tahun, ini kepulangan para asisten itu berarti membuatnya harus siap mengambil alih segala pekerjaan rumah tangga, termasuk jadi supir. Astri mengaku tak terlalu terbebani meski harus sendirian melakukan pekerjaan rumah tangga seperti nyuci, bersih-bersih, masak. “Tiap lebaran aku yang jadi infal di rumah,” ujarnya sambil tertawa.

sumber: detik