PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Konsumsi Ini Saat Stres Bekerja

teh hitam

KOMPAS.com — Stres dan pekerjaan barangkali merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Namun, saat stres dan rasa tidak bersemangat datang melanda, ada beberapa hal yang dilakukan untuk mengembalikan motivasi. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman dan makanan tertentu.
Nah, inilah tujuh pilihan paling baik untuk meningkatkan kesehatan, produktivitas, dan energi saat bekerja.

1. Teh hitam
Mengonsumsi teh dapat membantu memulihkan stres secara cepat setiap harinya. Sebuah studi asal University College London menemukan, teh hitam memiliki efek pada kadar hormon stres dalam tubuh. Menurut peneliti, meski teh hitam tidak mengurangi kadar hormon stres, tetapi minuman tersebut memiliki efek yang besar untuk mengembalikan kadar hormon stres menjadi normal kembali.
“Senyawa fitokimia dalam teh sangat kompleks, seperti katekin, polifenol, flavonoid, dan asam amino. Senyawa-senyawa tersebut memiliki efek pada neurotransmiter pada otak,” kata peneliti.

2. Snack biji-bijian utuh
Karbohidrat kompleks dan serat dalam biji-bijian utuh dapat membantu kadar insulin tetap normal dan mengurangi kecenderungan tubuh menimbun lemak. Karena itu, mengonsumsi makanan ini saat keinginan ngemil tiba akan membantu berat badan tetap normal. Meskipun demikian, makanan ini umumnya juga mengandung gula sehingga konsumsinya perlu dikurangi.

3. Air putih
Saat lapar, lelah, dan haus, artinya tubuh membutuhkan cukup hidrasi untuk menjaga fungsi tubuh bekerja dengan normal. Pasalnya, saat dehidrasi, tubuh cenderung merasa lelah, kesulitan berkonsentrasi, dan makan berlebihan.

4. Anggur
Anggur merupakan buah yang tepat dikonsumsi di tempat kerja. Selain praktis, buah ini juga sarat gizi. Anggur juga mengandung komponen yang dipercaya membantu performa bekerja lebih baik. Penelitian menunjukkan, jus anggur mampu meningkatkan produksi domapin, neurotransmiter yang penting untuk ingatan, dan penyelesaian masalah di otak.

5. Kacang
Kacang-kacangan merupakan makanan yang tepat di tempat kerja. Kacang-kacangan mengandung lemak sehat, protein, dan serat, tetapi tetap rendah karbohidrat untuk menjaga rasa kenyang lebih lama.

6. Buah dan sayuran kering
Sering kali buah dan sayuran menjadi unsur yang dilupakan dalam diet. Untuk menyiasatinya, buah dan sayuran bisa dimanfaatkan sebagai camilan dalam kondisi kering. Sebuah penelitian menunjukkan, konsumsi buah dan sayuran bisa meningkatkan kemampuan kognitif pada orang dewasa.

7. Popcorn
Popcorn hanya mengandung sekitar 30 kalori dalam satu mangkuk, tetapi terdapat serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Namun, sering kali popcorn juga mengandung lemak jenuh yang tidak sehat. Untuk mengakalinya, sebaiknya popcorn dimasak dengan minyak zaitun dan sedikit garam.
Sumber :http://health.kompas.com/