PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Kredit Tumbuh 11% di 2017 | PT Rifan Financindo Berjangka

bi

Jakarta,?Rifan Financindo Berjangka -?Seiring mengalirnya dana segar masuk ke lembaga keuangan Indonesia karena program tax amnesty, likuiditas perbankan hingga semester I-2017 akan terjaga. Mencukupinya kebutuhan likuiditas di bank-bank membuat pertumbuhan kredit di 2017 meningkat jadi 11%.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (9/9/2016).

“Kami juga lihat bahwa pengampunan pajak yang ditawarkan di semester kedua dan semester awal 2017 akan bawa dana masuk ke Indonesia cukup banyak. Jadi secara umum kita lihat likuiditas di 2017 akan cukup terjaga. Hingga kita perkirakan pertumbuhan kredit akan di kisaran 11%,” jelas Agus.

Agus menambahkan bahwa proyeksi pertumbuhan kredit di 2017 masih dapat berubah seiring dengan pembahasan RAPBN 2017 di DPR. Pertumbuhan kredit sebesar 11% diperkirakan akan terjadi jika asumsi pertumbuhan ekonomi pada APBN 2017 sebesar 5,1%.

“Kita lihat pertumbuhan kredit itu ada di kisaran 12% lebih kalau seandainya di antara pemerintah dan DPR sepakat pertumbuhan ekonominya ada di kisaran 5,2%. Tapi kalau pertumbuhan ekonomi ada di kisaran 5,1% mungkin pertumbuhan kredit sedikit lebih rendah,” terang Agus.

Sedangkan pertumbuhan kredit di tahun ini diperkirakan tidak sampai 10%. Ini disebabkan masih lemahnya pertumbuhan ekonomi dunia. Ekspor komoditas yang masih lemah juga berkontribusi terhadap pertumbuhan kredit di Indonesia.

Selain itu angka kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) yang masih tinggi di Indonesia juga membuat perbankan lebih selektif menyalurkan kreditnya.

“Kalau kredit di tahun ini kita perkirakan akan jatuh di bawah 10%. Itu adalah faktor ekonomi global yang masih lemah, membuat ekspor kita turun, harga komoditas menjadi andalan Indonesia belum pulih, dan juga di dalam negeri itu ada kecenderungan non performing loan yang sedikit meningkat membuat perbankan lebih hati-hati,” ujar Agus.

(id, RifanFinancindo)