PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Lapisan Larutan Sutera Mampu Membuat Buah Tahan Segar Lebih Lama

Lapisan Larutan Sutera Mampu Membuat Buah Tahan Segar Lebih Lama
Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Jika disimpan lama di kulkas buah akan cepat busuk. Penemuan terbaru menyebut melapisi buah dengan larutan sutera membuat buah segar lebih lama.
Dikutip dari Sciencedaily (06/05), Food and Agriculture Organization (FAO) of the United Nations menyebutkan bahwa setengah dari jumlah buah dan sayuran di dunia hilang dalam perjalanan akibat rusak dan busuk.

Ahli biomedika Tufts University juga menunjukkan kondisi buah-buahan yang mampu bertahan lama selama lebih dari seminggu tanpa menggunakan pendingin. Namun harus dilapisi dengan larutan sutera yang tipis dan tidak kasat mata. Hal ini merupakan pendekatan alternatif untuk mengawetkan makanan yang mudah rusak dengan memakai bahan alami dengan proses berbasis air. Struktur unik dari kristal sutra ini menjadi salah satu bahan dari alam terberat.

Fibroin, protein mudah larut dalam sutera mampu menstabilkan dan melindungi bahan yang bersifat biokompatibel dan biodegradable.Dalam penelitian ini, peneliti mencelupkan buah strawberry yang baru dipetik ke dalam larutan sutera fibroin protein sebesar 1 %. Proses pelapisan ini diulang hingga empat kali.

Buah-buahan ini kemudian diperlakukan dengan jumlah waktu berbeda dengan uap air di bawah vacuum(water annealed) membuat berbagai persentase dari crystalline beta-sheets dalam lapisannya.

Apabila paparannya semakin lama, maka semakin tinggi persentase beta-sheet dan lebih kuat lapisan fibroinnya, yakni setebal 27-35 mikron. Strawberry kemudian disimpan pada suhu ruangan.

Strawberry yang tidak dilapisi sama sekali dibandingkan dengan yang telah dimasukkan ke dalam water annealed dan terlapisi sutra dalam jangka periode waktu yang berbeda. Dalam waktu 7 hari, buah yang masih terlapisi oleh sutra masih tampak segar dan juicy. Sementara buah biasa telah mengering dan berubah warna. Pengujian ini menunjukkan bahwa lapisan sutra mampu membuat kesegaran buah tahan lama dengan memperlambat respirasi buah, memperpanjang kesegaran buah, dan mencegah kerusakan.

Seorang penulis senior, Fiorenzo G. Omenetto dari Department of Biomedical Engineering mengatakan, “Konten beta-sheet dari lapisan serat sutera dapat membuat strawberry lebih sedikit terpapar karbon dioksida dan oksigen. Kami melihat statistik penundaan secara signifikan dalam proses pembusukan buah.”Eksperimen serupa juga dilakukan pada pisang. Berbeda dengan strawberry, cepat masak setelah dipanen. Lapisan larutan sutera dapat menurunkan tingkat pematangan pisang dibandingkan yang tidak dilapisi dengan sutra dengan cara meningkatkan kekokohan buah dan mencegah pelunakan pada kulitnya.

Lapisan sutera yang tipis dan tidak berbau ini tidak memberikan pengaruh terhadap tekstur buah. Sementara, pengaruh terhadap perubahan rasa lebih sulit untuk dipelajari.

“Berbagai agen terapi dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam larutan sutera ini, sehingga dapat melestarikan dan menambah fungsi terapi untuk barang konsumsi tanpa perlu menggunakan bahan kimia yang kompleks,” kata penulis pertama studi tersebut, Benedetto Marelli, Ph.D., mantan rekan post-doktoral di laboratorium Omenetto dan sekarang di MIT.

Sumber:?http://food.detik.com/