PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Madrasah Asal Depok Ikut Kompetisi Robot Internasional| PT Rifan Financindo

fdd4d588-78fe-4717-af2d-b28fe7e14280_169

Jakarta, Rifan Financindo – Indonesia turut berpartisi dalam kompetisi merakit robot skala internasional FIRST Global Challenge Olympic Robot Competition 2017. Dalam perhelatan tersebut Indonesia diwakili oleh Madrasah Aliyah TechnoNatura dari Depok, Jawa Barat.

FIRST Global Challenge Olympic Robot Competition 2017 akan berlangsung di Washington DC, Amerika Serikat pada 16-18 Juli mendatang. TechnoNatura akan bersaing ratusan negara lainnya untuk memenangkan kompetisi merakit robot yang pada tahun ini bertemakan Solusi Akses Air Bersih.

TechnoNatura mengandalkan robot yang bernama WowWi. Penamaan WowWi ini diilhami dari sebutan penyihir air.

Kepala Madrasah Aliyah TechnoNatura Rustamaji mengatakan pihaknya ikut kompetisi FIRST Global setelah mendapat undangan dari pihak panitianya sejak Februari. Kesempatan itu datang karena TechnoNatura gemar mengikuti ajang robot dalam negeri, di samping sekolahnya diajarkan kurikulum yang berkaitan dengan teknologi.

Berkat hal itu, Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia memberikan rekomendasi kepada panitia FIRST Global untuk menyertakan TechnoNatura di kompetisi tahunan tersebut.

“Proses pengerjaan kita dapat dari Mei, selama tiga minggu murid-murid belajar Android Studio. Komponen ini dikirim langsung dari AS dalam box, semua negara sama, tinggal gimana masing-masing tim merancang robot,” ujar Rustamaji saat berkunjung ke Kantor Detikcom, Jakarta.

Semua robot yang berkompetisi di FIRST Global nantinya harus bisa memilah air yang bersih dengan yang kotor, di mana itu disimulasikan lewat dua bola beda warna. Warna biru untuk air bersih dan bola warna orange sebagai air tercemar.

WowWi memiliki tujuh tugas. Pertama, Robot Explorer untuk menjelajahi lapangan dengan menggunakan semua roda. Kedua, Ball Collector, mengumpulkan semua bola warna biru dan orange masuk ke dalam robot. Ketiga Ball Lifter untuk mengangkat bola ke atas.

Lalu yang keempat, Ball Identificator berfungsi untuk mengidentifikasi warna bola. Kelima, Separtor bertugas memisahkan warna bola biru atau orange. Keenam, Depositor untuk menembak bola ke wadah yang sesuai untuk masing-masing warna. Dan, terakhir Robot Lifter untuk mengangkat tubuh robot dari tanah sebagai menghindari banjir.

Di kesempatan yang sama, Hisham Wahono yang akan berlomba, mengungkapkan WowWi ini ada dua fitur spesial. Pertama, Smart Robot Locator, menggunakan Inertia Measurement Unit (IMU) pada hun dan Encoder pada motor.

“Sehingga pergerakan robot dapat dihitung dan posisi X, Y dapat didefinisikan,” ucap bocah 14 tahun ini.

Kedua, Smart Robot Targeting yang menggunakan IMU juga pada hun dan Encoder pada motor untuk dapat mengarahkan robot dapat menembakan bola ke tepat sasaran.

Madrasah Asal Depok Ikut Kompetisi Robot Internasional

Untuk menggerakan robot WowWi ini bisa dikendalikan ala pengontrol yang serupa konsol. Alat ini dioperasikan tim untuk menjalankan tugas kepada robot.

Raditya Athalla Rafi yang merupakan Team Leader TechnoNatura dalam kejuaran FIRST Global, menaruh harapan setinggi-tingginya agar bisa bersaing dengan tim dari negara lainnya.

“Harapannya pasti ingin menang. (Selain itu), kami ingin juga dapat menginspirasi orang-orang bahwa dengan komitmen bisa merakit robot,” ucapnya.

Jadi, INETers mohon doa dan dukungannya semoga Madrasah TechnoNatura bisa sukses di FIRST Challenge Olympic Robot Competition 2017 nanti .

 

 

Rifan Financindo Berjangka