PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Manfaat Sehat Kiwi: Cegah Konstipasi Hingga Hingga Bantu Perbaiki Mood

Manfaat Sehat Kiwi: Cegah Konstipasi Hingga Hingga Bantu Perbaiki Mood

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -? Kiwi bisa menjadi salah satu alternatif variasi buah yang dikonsumsi. Buah berdaging warna hijau atau kuning itu pun memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Kepala Departemen Gizi RS Cipto Mangunkusumo Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc, MS, SpGK, yang berpartisipasi pada simposium internasional pertama mengenai buah kiwi dan kesehatan di New Zealand beberapa waktu lalu mengungkapkan kiwi berperan terhadap penurunan risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

dr Fias menjelaskan, PTM bisa terjadi karena gaya hidup, terutama pola makan dan juga perubahan lingkungan. Dikatakan dr Fias, kiwi mengandung enzim pencernaan yakni actidin yang membantu mencerna protein, serat larut yang menjaga penyerapan karbohidrat dan lemak, serta serat tidak larut yang menjaga bakteri baik pemberi makan sel usus.

“Riset dari Dr Richard Gearry di University of Otago, Chsritchurch menunjukkan konsumsi dua kiwi per hari menambah pergerakan usus untuk menghindari konstipasi. Kemudian, konsumsi kiwi bisa membantu mengurangi rasa kembung, nyeri di perut, dan meningkatkan kualitas hidup,” tutur dr Fias di sela-sela Media Workshop Zespri ‘Awali dengan Buah’ di Double Tree Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2016).

Sebuah studi tahun 2013 di Journal of National Science mengamati dua kelompok di mana satu kelompok diberi setengah buah kiwi per hari dan sisanya diberi 2 buah kiwi. Ditemukan, mereka yang mengonsumsi 2 kiwi per hari memiliki mood yang lebih baik.

“Selama ini kan kita pikir kandungan vitamin C itu paling tinggi pada jeruk. Nah, data USDA tahun 2016 menunjukkan kandungan vitamin C kiwi sungold 161,3 mg per 100 gram buah sedangkan jeruk 53,2 mg per 100 gram buah. Serat pada kiwi green yaitu 3 gram per 100 gram, juga lebih tinggi dibanding jeruk yaitu 2,6 gram per 100 gram dan apel dengan kandungan serat 2,4 gram per 100 gram,” tambah dr Fias.

Dengan mengonsumsi dua kiwi sehari, studi yang dilakukan Dr Anita Carr dari University of Otago, Chsritchurch menunjukkan kadar vitamin C dalam darah lebih optimal. dr Fias mengatakan, vitamin C bisa berperan sebagai enzim dan membentuk protein serta energi.

“Kalau vitamin C cukup di dalam tubuh, makanan bisa efisien diubah menjadi energi. Kalau tidak cukup, makanan tidak efisien sata diubah jadi energi dan justru jadi lemak,” tutur dr Fias.

 

 

Sumber:?http://health.detik.com/