PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Marquez Juara di Aragon, Pebalap Spanyol Kuasai Podium | PT Rifan Financindo

06acef1e-47ff-4597-96df-5851b679e8b3_169

Jakarta, RifanFinancindo – Marc Marquez tampil sebagai juara di MotoGP Aragon. Dia mengungguli dua kompatriotnya, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo di posisi dua dan tiga.

Dalam balapan di sirkuit Aragon, Minggu (24/9/2017) malam WIB, Marquez sempat kesulitan mendekati Lorenzo yang memimpin selepas start. Beberapa kali pebalap Repsol Honda itu bahkan mengalami momen berbahaya.

Marquez pada akhirnya merebut posisi terdepan di putaran ke-16 dan melesat. Sementara Lorenzo harus puas dengan tempat ketiga setelah dilewati Pedrosa di beberapa putaran terakhir.

Valentino Rossi yang sempat menempel Lorenzo di posisi dua hingga separuh jalannya balapan, finis di posisi lima. Dia tepat berada di belakang rekan setimnya di Movistar Yamaha, Maverick Vinales.

Dengan kemenangan ini, Marquez menjauh di posisi teratas klasemen kejuaraan dengan 224 poin. Di belakangnya adalah Dovizioso dengan nilai 208 dan Vinales dengan 196 poin.

Jalannya Balapan

Lorenzo langsung melesat ke depan selepas start. Vinales dan Rossi ada di posisi dua dan tiga. Dovizioso menysul di posisi empat.

Vinales langsung mencoba melewati Rossi, tapi tak berhasil. Pada prosesnya Vinales justru dilalui oleh Dovizioso dan Marquez setelah melebar di tikungan ke-16. Putaran pertama, Lorenzo memimpin disusul Rossi, Dovizioso, Marquez, Vinales, Pedrosa, Crutchlow, Aleis Espargaro, Kallio, dan Bautista.

Vinales kesulitan menjaga kecepatan dengan para pebalap di depannya. Di putaran kelima, dia sudah berjarak sekitar dua detik dari Marquez di posisi tiga.

Karel Abraham menjadi pebalap pertama yang terjatuh, yakni di lap keenam. Sementara Marquez sukses menyalip Dovizioso dan mendapatkan posisi ketiga. Marquez nyaris kehilangan lagi posisinya saat melebar kala menguntit Rossi, tapi bisa langsung memulihkan diri dan menutup jalur Dovizioso.

Marquez melakukan manuver agresif di tikungan ke-12 pada putaran ke-9. Dia mencoba melewati Rossi, lalu Lorenzo. Tapi pada akhirnya motornya melebar dan turun ke posisi keempat.

Rossi masih terus menguntit Lorenzo di depan. Lorenzo menggunakan ban belakang soft dan ada potensi daya cengkeramnya menurun di fase akhir balapan. Di putaran ke-10, Marquez merebut kembali posisi tiga dari Dovizioso di tikungan terakhir.

Di akhir putaran ke-12, Marquez melewati Rossi untuk merebut posisi dua. Aksi itu disusul manuver Pedrosa melewati Vinales untuk urutan kelima.

Marquez berupaya habis-habisan mengejar Lorenzo di depan. Di putaran ke-14, dia nyaris kehilangan kontrol saat bagian depan motornya bergoyang di titik keluar tikungan 15. Di titik yang lain, Pedrosa sukses merebut tempat keempat dari Dovizioso.

Marquez memimpin balapan untuk kali pertama di putaran ke-16. Lorenzo sempat mencoba memberikan perlawanan di tikungan terakhir, tapi malah melebar. Sementara Pedrosa terus merangsek ke depan, mendapatkan posisi tiga dari Rossi.

Crutchlow terjatuh di putaran ke-17. Di lap berikutnya, Vinales melewati Dovizioso untuk posisi lima dan kini mengincar Rossi. Pada putaran selanjutnya, Vinales berupaya menyerang Rossi namun seniornya itu menutup jalur dengan amat baik.

Di tikungan pertama lap ke-21, Vinales melewati Rossi. Tak lama berselang, Pedrosa melewati Lorenzo dan Dovizioso turun ke urutan enam usai disalip oleh Aleix Espargaro.

Marquez tak terkejar di putaran tersisa dan finis terdepan disusul rekan setimnya, Pedrosa. Lorenzo finis ketiga.

 

sumber: detik

PT Rifan Financindo Berjangka