PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Memantau Kejutan Pluto

pluto325292_permukaan-pluto_663_382

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Penantian panjang hampir satu dekade, akhirnya pecah di ruangan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di Maryland, Amerika Serikat.

Dalam ruangan Mission Operation NASA tersebut, puluhan ilmuwan dan karyawan NASA bertepuk tangan. Riuh dan saling berpelukan. Di luar ruangan, ratusan orang turut bereaksi, bertepuk tangan sambil berdiri.

Ratusan orang tersebut bertepuk tangan untuk pesawat ruang angkasa NASA, New Horizons yang berjarak tiga miliar mil dari tempat mereka berdiri.
New Horizons pada Selasa 14 Juli 2015 waktu setempat, baru saja berhasil menjalankan misi terbang melintasi planet kerdil Pluto. Rona kebahagiaan ilmuwan NASA memang beralasan, karena misi New Horizons bisa dibilang monumental.
NASA menunggu-nunggu momentum bersejarah tersebut. Sebab, misi New Horizons adalah eksplorasi terpanjang dan paling jauh dari bumi. Posisi Pluto memang berada di bagian terluar Tata Surya. New Horizons bisa mendekati dan melintasi Pluto sejak diluncurkan dari bumi pada 2006. Waktu yang tak singkat.

Kepastian New Horizons menyelesaikan misi melintasi Pluto dipastikan, setelah pesawat tersebut mampu ‘menelepon’ ke Bumi. Pesawat menelpon untuk mengirimkan sinyal, sekaligus mengabarkan pesawat aman usai melintasi Pluto.

Dikutip dari situs NASA, Rabu 15 Juli 2015, New Horizons ‘menelepon’ ke bumi pada pukul 14 Juli 2015, pukul 21.00 waktu Amerika Serikat.

Administrator NASA, Charles Bolden, mengatakan kepastian New Horizons tersebut sudah selamat dan aman dalam pengumumannya.

“Ini adalah kemenangan historis untuk sains dan eksplorasi. Kami benar-benar telah (berhasil), sekali lagi meningkatkan tingkat potensi manusia,” ujar Bolden.

Dalam ‘panggilan telepon’ tersebut, pesawat New Horizons sebelumnya sudah diprogram untuk mengirimkan serangkaian pesan 15 menit yang dikirimkan ke operasi misi di Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory di Maryland NASA, Amerika Serikat.

Tim NASA menyebutkan telah menunggu ‘panggilan telepon’ itu selama 21 jam sebelumnya.

Sedangkan asisten administrator Science Mission Directorate NASA di Washington, John Grunsfeld, juga tak kalah gembira menyambut keberhasilan pesawat New Horizons tersebut. Menurutnya, pencapaian pesawat itu makin meningkatkan rasa percaya diri NASA untuk membidik eksplorasi antariksa yang lainnya.

Grunsfeld mengatakan, momen bersejarah seputar Pluto akan tetap berlangsung. Ia menambahkan, kejutan seputar Pluto baru saja dimulai dengan suksesnya New Horizons melintasi Pluto.

Kesuksesan misi tersebut, akan memacu NASA untuk mengungkap eskplorasi antariksa lainnya.

“Misi NASA akan mengungkap misteri Mars, Jupiter, Europa (bulan Jupiter), dan dunia sekitar matahari pada tahun-tahun mendatang,” kata dia.

Sumber:?http://fokus.news.viva.co.id/