PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Menanti BI Rate, Rupiah Dekati Rp13.200

rupiah-dibuka-melemah-di-rp12-676-97UCCeXvj6

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kembali dibuka melemah. Rupiah bergerak mendekati Rp13.200 per USD.

Melansir Bloomberg Dollar Index, Selasa (19/5/2015), Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) melemah 35 poin atau 0,27 persen ke Rp13.174 per USD dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp13.139 per USD.

Rupiah dibuka pada level Rp13.170 per USD. Adapun pergerakan awal Rupiah di kisaran Rp13.167-Rp13.185 per USD.

Analis Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan, pergerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan akan berada pada kisaran level support Rp12.950 dengan ressistance Rp13.200.

Laju Rupiah masih dipengaruhi oleh sentimen dengan menunggunya kepastian kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam menaikkan suku bunga acuan atau BI Rate.

“Sentimennya masih sama belum beranjak, masih dari sisi kepastian BI Rate,” ujar Satrio kepada Okezone di Jakarta.

Lebih lanjut Satrio mengatakan,belum adanya sentimen baru dari Rupiah belum mampu mengangkat rupiah ke level penguatan yang lebih tinggi.Apalagi pembangunan infrastruktur yang belum terlihat berjalan serta terealisasi dengan baik.

“Masih menunggu pertumbuhan ekonomi kuartal II yang diharapkan lebih baik.Ditambah, rencana pembangunan infrastruktur yang belum berjalan menjadi sentimen negatif untuk kondisi pasar dalam negeri,”jelas dia.

Sedangkan,menurut dia, kebijakan BI Rate yang sangat mempengaruhi kondisi mata uang dalam negeri.”Bila BI Rate turun mungkin berdampak positif bagi IHSG.Namun, cenderung negatif untuk rupiah,” pungkasnya.

Sumber: http://economy.okezone.com/