PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Menguat, Rupiah Kembali ke Kisaran 13.100

rupiah tertekan lagi

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot mengalami kenaikan signifikan. Rupiah berhasil kembali ke kisaran level 13.100.

Seperti dikutip dari data Bloomberg, rupiah di pasar spot dibuka naik ke posisi 13.212 dibanding penutupan kemarin pada 13.245. Sekitar pukul? 08.53 WIB, mata uang Garuda ini menguat hingga menyentuh posisi Rp 13.189 per dollar AS.

Hari ini rupiah diprediksi berpeluang naik seiring turunnya indeks dollar AS di tengah penantian pasar atas pengumuman BI Rate hari ini.

Indeks dollar AS terkoreksi hingga dini hari tadi setelah mayoritas data AS diumumkan memburuk dari periode sebelumnya. Dimulainya negosiasi kenaikan pagu utang AS antara pemerintah dengan kongres juga meningkatkan harapan bahwa kegiatan perekonomian AS bisa terganggu.

Indeks dollar AS turun hingga ke bawah 100 sementara imbal hasil US Treasury 10 tahun turun tipis 4 basis poin. Fokus investor akan semakin tertuju pada FOMC meeting yang dimulai Selasa malam dan disimpulkan pada Kamis (19/3/2015) dini hari.

Pagi ini Bank of Japan akan memulai pertemuan bulanannya, pergerakan kurs yen berpeluang diwarnai oleh volatilitas yang tinggi.

Rupiah kembali melemah di perdagangan Senin bersama dengan mayoritas mata uang di Asia. Pengumuman neraca perdagangan yang kembali surplus di siang hari hanya mampu mengurangi tekanan pelemahan. Fokus akan beralih terhadap pengumuman BI rate hari ini.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan BI rate tetap di level 7,5 persen dengan kemungkinan pemangaksan lanjutan menjelang akhir tahun. Penurunan tambahan BI rate di saat penguatan dollar AS di pasar global dipastikan akan menambah tekanan pelemahan terhadap rupiah. “Rupiah berpeluang menguat hari ini dengan indeks dollar AS yang terkoreksi,” sebutnya.

Sumber:?http://bisniskeuangan.kompas.com