PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Menteri-Menteri Baru Harus Dorong Investasi

menteri-menteri-baru-harus-dorong-investasi-zrM7ZXtrzn

Jakarta, RIfan Financindo Berjangka -?Menteri-menteri baru akan menghadapi pekerjaan rumah yang belum diselesaikan oleh pejabat sebelumnya. Salah satunya adalah memulihkan perekonomian Indonesia.

CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengatakan, Indonesia tidak bisa banyak berharap pada perekonomian global. Menurutnya, harga komoditas yang selama ini menjadi andalan Indonesia untuk ekspor, mengalami penurunan yang signifikan.

Dia menilai, untuk mendorong perekonomian nasional pemerintah harus fokus membangun ekonomi dari dalam. Mendorong investasi dalam bentuk apapun. Baik dalam bentuk pasar modal, investasi di sektor riil atau investasi lain.

Indonesia, kata HT, membutuhkan investasi secepat-cepatnya dan sebanyak-banyaknya agar dunia usaha bisa berjalan. Dengan begitu, lapangan pekerjaan bisa tercipta. ?Prioritas utama, bagaimana membangun perekonomian dalam negeri dengan kekuatan dari dalam,? ungkapnya di Jakarta.

Untuk itu pemerintah harus menciptakan iklim investasi yang kondusif. Regulasi dan perizinan dipermudah, juga perencanaan ekonomi yang baik. Sebab, saat ini Indonesia tidak bisa berharap banyak dari ekonomi global yang juga tengah melambat.

Menurutnya, sektor seperti UMKM harus didorong dengan akses yang mudah dan modal yang murah. Sebab selama ini bunga yang dikenakan kepada UMKM lebih tinggi dibanding kredit perbankan ke korporasi besar. Padahal dengan lebih banyak penggerak ekonomi Indonesia bisa jauh lebih melesat.

Sekadar informasi, kinerja perekonomian nasional pada kuartal II-2015 mengecewakan. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan hanya 4,67 persen atau melambat dibandingkan kuartal I-2015 yang 4,71 persen.

Selain itu, Rupiah juga semakin terjerembab. Kurs tengah Bank Indonesia (BI) menunjukkan nilai tukar mata uang tanah air Rp13.758 per USD.

Sumber :?http://economy.okezone.com/