PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Minyak Mentah Anjlok Hampir 3%

\Minyak Mentah Anjlok Hampir 3%\

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka?Harga minyak mentah turun hampir 3 persen, tertekan oleh jatuh ekuitas di Wall Street dan data ekonomi China yang lemah. Meski demikian, penurunan stok minyak mentah di penyimpanan Amerika Serikat (AS) berhasil membatasi kerugian.

Rencana kenaikan suku bunga AS setelah hampir satu dekade ditahan, telah memberikan volatilitas pada harga minyak, yang telah berayun hingga 8 persen dalam sehari bulan lalu.

“Minyak mulai mundur karena risk aversion kembali mengalami peningkatan. Ada atmosphere malapetaka dan kesuraman pada harga minyak,” kata direktur riset komoditas di ClipperData, Matt Smith, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (29/9/2015).

Minyak mentah Brent, LCOc1, turun USD1,26 atau 2,6 persen menjadi USD47,34 per barel. Sementara minyak mentah patokan Amerika, West Texas Intermediate (WTI), CLc1, turun USD1,27 atau 2,8 persen pada USD44,43 per barel.

Kelebihan pasokan minyak terjadi karena permintaan energi di negara dengan perekonomian nomor dua terbesar di dunia, China, mengalami pelambatan. Selain itu, pasar Asia dan negara berkembang lainnya telah dibelah dua harga minyak mentah selama setahun terakhir.

 

Sumber:?http://economy.okezone.com/