PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

MotoGP 2016 Mulai Menggeliat

MotoGP 2016 Mulai Menggeliat
Jakarta, Rifan Financindo Berjangka?- Kejuaraan MotoGP 2016 akan dimulai kurang dari dua bulan lagi. Sejumlah tim sudah meluncurkan motornya, sponsor pun mulai berdatangan.

Yamaha menjadi tim pertama meluncurkan motor baru YZR-M1 untuk musim depan di Barcelona, Spanyol, pada medio Januari silam. Sekilas, tidak ada perbedaan signifikan livery antara motor baru dan motor lama yang akan digunakan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Lorenzo dan Rossi bersaing ketat dalam perebutan gelar juara di 2015. Beberapa kontroversi ikut terjadi yang turut melibatkan pebalap Honda Repsol Marc Marquez. Pada akhirnya, Lorenzo tampil sebagai juara — gelar juara dunia kelima dalam kariernya — setelah memenangi seri pamungkas di Valencia, unggul lima poin atas Rossi sebagai runner-up.

Marquez sendiri mengakhiri musim di peringkat ketiga, dengan keunggulan 36 poin dari rekan setimnya Dani Pedrosa di peringkat keempat.

“Dengan Jorge dan Valentino sebagai pengendara, kru tim Movistar Yamaha MotoGP dan motor YZR-M1 yang baru, kami percaya diri bahwa kami akan memiliki semua yang diperlukan untuk bersaing dalam mempertahankan tiga titel itu,” ucap bos Yamaha Lin Jarvis saat peluncuran.

Tim lain yang sudah meluncurkan motornya ialah Pramac Ducati dengan motor Desmosedici GP15 pada 20 Januari. Pramac mengusung Scott Redding yang bertandem dengan Danillo Petruci. Redding, yang di musim lalu finis ke-13 bersama Marc VDS berani mematok untuk finis enam besar.

“Kurasa aku bisa mencapai enam besar di klasemen dan bersaing untuk beberapa podium,” kata pebalap Inggris itu.

Geliat MotoGP 2016 juga tampak saat Rossi mengunjungi Bali, sepekan silam untuk menyapa para penggemarnya di Indonesia. Juara dunia sembilan kali ini akan mencoba lagi meraih titel juara ke-10 yang ‘tertunda’.

“Ya, kami akan memulai serangkaian tes pramusim di Sepang pekan depan. Itu akan jadi tes yang penting untuk mengetahui level kami, mengetahui performa motor dan mempersiapkan motor untuk balapan perdana. Persiapan untuk musim baru sudah 90%,” lanjut juara dunia sembilan kali itu,” kata dia.

Adapun tentang sponsor, pebalap Suzuki Escstar Aleix Espargaro, mendapatkan sponsor helm baru. Adalah perusahaan helm Indonesia, KYT, yang akan menjadi partner baru dia sampai 2018 nanti.

KYT dan Aleix akan memperkenalkan helm (replika) baru di Kuala Lumpur, Malaysia, pada hari ini (31/1/2016). Sehari sebelum melakoni tes pramusim di Sepang awal pekan depan.

Kompetisi MotoGP 2016 akan berlangsung selama 18 seri, yang ditandai dengan kembalinya seri Austria setelah terakhir kali menggelar ajang tersebut pada 19 tahun lalu. Seri pertama balapan tetap akan digelar di Losail, Qatar, pada 20 Maret mendatang.

Sumber:?http://sport.detik.com/