PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Mudah Cari Lowongan Kerja Lewat Google Jobs | PT Rifan Financindo

5b6f87a7-a9ce-472e-a983-3e67c173bbff_169

Jakarta, RifanFinancindo – Google telah meluncurkan fitur pencarian pekerjaan di mesin pencarinya. Teknologi ini memberi pilihan bagi pengguna untuk menelusuri lowongan pekerjaan berdasarkan lokasi, waktu pengumuman, dan perusahaan yang memerlukan tenaga baru.

Fitur ini mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) di mesin pencari Google. Hanya saja kali ini pencariannya dikhususkan untuk mencari lowongan pekerjaan. Sayangnya, setelah CNNIndonesia.com coba, fitur ini masih belum dapat digunakan di Indonesia.

Saat CNNIndonesia.com mengetikkan pencarian pekerjaan, hasil yang keluar masih berupa laman pencarian hasil seperti biasa. Sebab, untuk fitur ini Google memberi tampilan hasil pencarian khusus. Hasil pencarian pekerjaan akan ditampilkan dalam bentuk kartu-kartu. Kemungkinan fitur ini baru bisa diakses terbatas.

Pengguna bahkan bisa mengetikkan kata kunci seperti “pekerjaan di sekitar saya” pada kotak pencarian Google di peramban desktop ataupun mobile. Hasilnya, Google akan menunjukkan deretan pekerjaan yang ada di sekitar lokasi pengguna, lengkap dengan jenis pekerjaan dan badan usaha yang membutuhkannya.

Bila ingin mencari lowongan pekerjaan yang lebih spesifik, pengguna cukup mengetik sektor yang diinginkan sembari diikuti kata “jobs”. Misalnya adalah “retail jobs” untuk mencari pekerjaan di sektor ritel.

“Mencari sebuah pekerjaan seperti kencan. Masing-masing orang punya preferensi unik dan hanya ada satu orang yang bisa mengisi pekerjaan itu,” kata Nick Zakrasek, manajer produk Google.

Cara kerja fitur ini sebetulnya cukup sederhana. Mesin Google sebenarnya menarik hasil pencarian yang berada di laman lowongan kerja seperti LinkedIn, Monster, WayUp, DirectEmployers, CareerBuilder, Facebook, dan lainnya, ke laman hasil pencarian Google.

Google mengatakan hasil akhir pencarian tersebut telah disisir dari tautan-tautan yang tak relevan berkat AI mereka. AI ini juga yang memilah jenis pekerjaan berdasarkan kategori.

Terkait cara kerja AI ini, Google mengklaim tidak mengambil kueri pencarian penggunanya. Mereka juga berjanji apa yang mereka lakukan untuk memudahkan para pencari kerja menemukan lowongan pekerjaan yang spesifik secara cepat.

Conal Thompson, CTO dari Monster.com yang memiliki layanan situs lowongan pekerjaan, menyambut fitur baru Google itu.

“Produk pencarian pekerjaan baru dari Google ini searah dengan strategi inti kita dan memudahkan para pelamar menemukan pekerjaan dari semua situs serta memperbaiki kriteria pencarian sesuai kebutuhan mereka,” tutur Thompson seperti dikutip dari TechCrunch.

sumber: www.cnnindonesia.com

PT Rifan Financindo Berjangka