PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Mudik Lebaran Pakai Kereta Wisata? Ini Tarifnya

aa615aa4-1407-414d-9123-9d91990ec08e_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?PT Kereta Api Pariwisata menyewakan kereta api wisata pada musim mudik lebaran kali ini. Kereta wisata ini merupakan alternatif untuk pemudik. Rute yang paling digemari pada musim mudik adalah Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Solo.

“Sebetulnya paling banyak itu kalau mudik Yogya dan Solo di arah selatan, ada juga yang ke Semarang ini dirangkai juga dengan kereta api reguler. Ini bisa jadi angkutan alternatif untuk mudik,” kata Direktur Utama PT Kereta Api Wisata, Adi Suryatmini, saat dihubungi detikFinance, Senin (4/7/2016).

Tarif yang ditawarkan beragam. Untuk rute favorit seperti Jogja dan Solo pemudik dikenakan Rp 26 juta/gerbong untuk satu kali perjalanan, sementara Solo Rp 27 juta sekali perjalanan dengan fasilitas restorasi. Apabila tanpa fasilitas restorasi, mudik ke Yogya dikenakan Rp 21,5 juta sementara ke Solo Rp 22,5 juta. Harga ini meningkat jika dibandingkan bulan biasa yang hanya Rp 20 juta ke Jogja dan Rp 21 juta ke Solo.

“Tarif di mudik ini tentunya meningkat 15-20% kalau biasanya ke Yogya itu Rp 20 juta saat lebaran ini naik jadi Rp 26 juta Kalau ke Solo terpaut Rp 1 juta lebih mahal dari Yogya karena kan jaraknya yang lebih jauh,” terang Adi.

Fasilitas yang ditawarkan kereta wisata ini bermacam-macam, mulai dari karaoke, TV kecil di depan kursi, mini bar, toilet yang nyaman.

“Fasilitas bisa karaoke bersama-sama keluarga, mini bar, toilet sendiri. Kalau pesan yang pakai restorasi ada pramugari dan pramugaranya yang jelas setiap perjalanan ada trip leader dan cleaning service sendiri juga,” tutur Adi.

Menurutnya kereta wisata ini tidak hanya dipesan oleh kalangan atas saja, dari kalangan menengah juga sudah mulai ada yang pakai. Untuk memesannya pemudik bisa email ke info@indorailtour.com atau mengunjungi counter-counter kereta pariwisata di Stasiun Gambir dan juga Juanda.

“Yang menyewa dari kalangan macam-macam dari kalangan menengah juga ada dari kalangan artis juga ada mereka kan mudik bareng jadi tarifnya dibagi-bagi juga masih kompetitif, kalau mau pesan bisa lewat website kita atau counter kita di Gambir ada dua dan di Juanda ada juga satu. Nanti DP 50% dulu sebelum perjalanan harus dilunasi kalau nggak lunas nanti saya susah menagihnya” lanjut Adi.

Saat ini kereta wisata yang dikelola PT KA Pariwisata ada 12 gerbong kereta, meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 9 gerbong. Per gerbongnya mampu menampung 22 orang hingga yang paling banyak 28 orang.

“Tahun ini ada 12 gerbong kereta wisata yang kita kelola dibanding 9 pas tahun lalu, ada rencana lagi sih mau nambah 4 tapi belum lah,” tutup Adi.

Sumber: Detik