PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Pasar Keuangan Makin Seksi dengan Lima Pilar Ini

1359352091111-PERMATA3780x390

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Bank Indonesia (BI) mencatat ada lima pilar utama dalam program pendalaman pasar uang dan valas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan daya tarik pasar keuangan.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Solikin M Juhro, menjelaskan bahwa lima pilar utama tersebut ialah instrumen dan basis investor, regulasi dan standarisasi, infrastruktur pasar, kelembagaan, serta edukasi dan sosialisasi.

“Kelima pilar utama merupakan program pendalaman pasar uang dan valas sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan daya tarik pasar keuangan,”ucapnya di Gedung BI Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Dia menjelaskan, pilar pertama adalah instrumen dan basis investor, adapun prioritasnya adalah perluasan basis investor, pembangunan instrumen (investasi, pembiayaan, pengelolaan, likuiditas, dan resiko), serta mendorong tersedianya yield curve dan acuan harga.

“Pilar kedua, adalah regulasi dan standarisasi. Prioritas pada kejelasan, harmonisasi, penyesuaian regulasi yang mendukung pasar keuangan, serta standarisasi perjanjian transaksi dan perlakukan akuntansi (transaksi repo),” lanjutnya.

Pilar selanjutnya, adalah terkait dengan infrastruktur pasar. Solikin menjelaskan, prioritas pada upaya peningkatan efisiensi dan transparansi transaksi melalui pengembangan sistem (ETP dan CCP).

Sementara pilar keempat adalah kelembagaan, menurutnya, prioritas pada penguatan dukungan kelembagaan termasuk pembentukan komite nasional pendalaman pasar keuangan, dan lembaga pendukung lainnya.

“Perputaran prioritas keempat pilar utama tersebut diperlukan pilar pendukung yaitu pilar kelia, edukasi dan sosialisasi,”ucapnya.

Sumber: http://economy.okezone.com/