PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Pasca Stimulus ECB, Emas Catat Kenaikan

Emas catat gain pada hari Jumat ini dan menuju kenaikan mingguan setelah 2 hari berturut-turut derita penurunan, hal itu akibat ECB (European Central Bank) meluncurkan stimulus guna memompa sejumlah dana kedalam ekonomi zona Eropa yang sedang mengalami penurunan.

Para investor menahan diri dari mengambil posisi pada awal perdagangan pagi ini, akibat mereka sedang menunggu rilis data payroll non pertanian AS guna menganalisa performa ekonomi negeri Paman Sam tersebut.
Spot emas berada pada level $1,253.90 per ounce pukul 08:35 pagi waktu Singapura, setelah Kamis lalu melonjak sebesar 1%, kenaikan tetinggi dalam 3 pekan terakhir.
Logam mulia catat kenaikan sebesar 0.2% dalam sepekan terakhir, setelah di awal pekan ini mencatat level 4 bulan terendahnya.
ECB menguraikan skema dana 4 tahun sebesar 400 miliar euro ($544.86 miliar) yang diberikan kepada perbankan yang telah menahan insentif kredit sehingga dapat menaikkan pinjaman pada sektor bisnis di zona Eropa dan berkomitmen akan mengeluarkan lebih jika dirasa perlu guna menghadapi resiko deflasi seperti yang dialami Jepang.
Bank sentral Eropa juga menyatakan bahwa inflasi zona Eropa berada pada zona berbahaya karena dibawah 1% sejak Oktober tahun lalu.
Emas dipandang sebagai tempat lindung nilai terhadap inflasi dan pelambatan ekonomi.
Sumber : Reuters