PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Pelemahan Rupiah Cerminan Ekonomi RI Belum Stabil

1942496shutterstock-116974210780x390

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus berada di kisaran Rp13.000 per USD dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini tentu saja menyulitkan bagi para investor.
Analis LBP Enterprise, Lucky Bayu, mengatakan pelemahan Rupiah masih menjadi sentimen negatif bagi pergerakan pasar saham. Dia mengatakan, meskipun bukan sepenuhnya kesalahan dari lokal, namun Rupiah sangat berpengaruh besar pada pasar.

“Karena Rp13.000 per USD itu angka yang harus dihindari pasar. Selama di atas level tersebut, ini mencerminkan sebenarnya kondisi perekonomian belum stabil,” kata dia dalam acara MNC Powerbreakfast, Rabu (24/6/2015).

Menurut dia, hal inilah yang membuat volatilitas di pasar saham sangat atraktif. Akibatnya, meskipun sempat menguat pada awal perdagangan namun akhirnya pasar saham terkoreksi. “Sementara dari sentimen global itu masalah default Yunani,” tukasnya.

Sekadar informasi, pada perdagangan kemarin pasar saham ditutup dengan 141 saham menguat, 145 saham melemah dan 92 saham stagnan. Nilai transaksi mencapai Rp3,1 triliun dari 2,9 miliar lembar saham diperdagangkan.

Sumber: http://economy.okezone.com/