PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Pelemahan Rupiah Rusak Semua Harga

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Pelemahan Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dituding menjadi biang keladi Kenaikan bahan bakar minyak (BBM), tarif Listrik, dan bahan baku. Pasalnya, dengan pelemahan Rupiah maka mempengaruhi bahan bakar yang berimbas pada kenaikan harga barang.

“Seluruh komponen di pengaruhi oleh kurs, baik itu produksi, BBM, listrik, infrastruktur dan harga bahan baku dipengaruhi kurs,” kata Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Asprindo) Tutum Rahanta kepada Okezone di Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Menurutnya, kenaikan harga produk dan barang dipengaruhi oleh para pelaku bisnis ritel yang merasa terbebani dengan ongkos logistik yang semakin mahal serta tarif-tarif lainnya yang mengikuti.

“Misalnya karena ada persaingan, produk satu dengan produk lainnya, jadi Asprindo hanya menunggu siapa yang dulu-duluan menaikan harga,” tuturnya.

Dia menegaskan tidak bisa dikatakan kapan waktunya menaikan, dan kapan waktunya turun. Tapi yang jelas kenaikan harga BBM, Listrik, dan bahan baku itu sangat berpengaruh.

“Jadi tidak semua barang itu naik, dan bergantung pada pengusaha ritelnya, Asprindo mengawasi ini,” tukasnya.

 

Sumber:?http://economy.okezone.com/