PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Pembocor WikiLeaks Dikonfirmasi Mencoba Bunuh Diri

eb7679dd-da38-4172-9962-b578a699409f_169

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Chelsea Manning, tentara Amerika Serikat yang dipenjara karena membocorkan dokumen rahasia kepada situs WikiLeaks, dikonfirmasi mencoba melakukan bunuh diri pekan lalu.

?Pekan lalu, Chelsea membuat keputusan untuk mengakhiri hidupnya,? kata jaksa Chase Strangio, Vincent Ward dan Nancy Hollander dalam pernyataan bersama. ?Percobaannya untuk bunuh diri tidak berhasil.?

Pernyataan itu mengonfirmasi laporan media sebelumnya yang menyebut bahwa dirawatnya Manning pekan lalu di sebuah rumah sakit militer di Kansas dikarenakan percobaan bunuh diri.

Manning, 28, saat ini diawasi dengan ketat dalam beberapa minggu ke depan terkait kasus tersebut.

Pernyataan itu juga menyebut bahwa militer AS melakukan pelanggaran karena mengungkap ?informasi kesehatan pribadinya? ke media.
Pentagon belum memberi tanggapan terkait insiden yang menimpa Manning ini.

Manning merupakan mantan analis intelijen di Irak. Ia divonis penjara selama 35 tahun setelah pengadilan militer AS pada 2013 menyatakan ia memberi 700 ribu dokumen, video dan kabel diplomatik kepada WikiLeaks. Kasus tersebut adalah kebocoran informasi rahasia terbesar dalam sejarah AS.

Di antara dokumen yang diserahkan Manning ke WikiLeaks pada 2010 adalah video penembakan helikopter Apache ke terduga pemberontak Irak pada 2007. Sebanyak 12 orang tewas, termasuk dua wartawan Reuters.

Manning terlahir sebagai laki-laki, namun mengubah identitasnya sebagai perempuan. Pengacaranya mengatakan bahwa ia ditahan secara ilegal dalam selama setahun di awal penangkapannya, dan bahwa vonisnya terlalu lama. (RifanFinancindo)

Sumber: viva