PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Penguatan Dolar Kembali Redupkan Emas

\Penguatan Dolar Kembali Redupkan Emas\

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – ?Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah karena dolar AS menguat terhadap euro di tengah krisis utang Yunani yang memburuk.

Seperti dilansir Xinhua, Rabu (1/7/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus kehilangan 7,2 dolar AS, atau 0,61 persen, menjadi menetap di 1.171,80 dolar AS per ounce.

Emas berada di bawah tekanan ketika Indeks Dolar AS naik 0,51 persen menjadi 95.47 pada pukul 17.50 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Peningkatan dalam harga dolar AS ini terjadi setelah krisis utang Yunani, karena investor mencari tempat yang aman.

Namun demikian para analis percaya bahwa pedagang tidak ingin berinvestasi di emas, karena potensi Federal Reserve AS untuk meningkatkan suku bunga masih menempatkan tekanan pada logam mulia dan investor tidak akan ingin memegang aset yang tidak didukung suku bunga jika tingkat bunga AS meningkat.

Perak untuk pengiriman September turun 11,4 sen atau 0,73 persen menjadi ditutup pada 15,581 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 2,8 dolar AS, atau 0,26 persen, menjadi ditutup pada 1.079,50 dolar AS per ounce.

Sumber: http://economy.okezone.com/