PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Penguatan Dolar Seret Emas Mendekati Level 3 Bulan Terendahnya

emas dan dollar

Emas ditransaksikan mendekati level terendahnya dalam tiga bulan terakhir pada hari Kamis, akibat dilanda kekhawatiran kenaikan awal suku bunga AS, penguatan dolar dan meredanya ketegangan atas Ukraina.
Spot emas bergerak mendatar pada level $1,248.95 per ons pukul 07:30 GMT, pasca turun sebesar 0,6 persen pada hari Rabu, ketika mencapai level tiga-bulan terendahnya di level $1,243.56.
Indeks dolar ditransaksikan didekat level 14-bulan tertingginya pada hari Kamis karena meningkatnya spekulasi dalam beberapa hari terakhir bahwa Federal Reserve AS bisa segera menaikkan suku bunga lebih cepat dari jadwal semula.
Kenaikan tingkat suku bunga acaun akan menurunkan permintaan untuk aset berimbal hasil seperti emas.
Sementara itu, permintaan safe-haven emas juga dibatasi pasca Presiden Ukraina mengatakan pada Rabu kemarin bahwa Rusia telah menarik sebagian besar pasukannya dari negaranya, meningkatkan harapan untuk mendorong perdamaian sedang berjalan sekarang pasca konflik dalam lima bulan terakhir di mana lebih dari 3.000 orang telah dibunuh.
Penurunan harga emas baru-baru ini menarik beberapa pencari barang murah dengan meningkatnya kepemilikan emas ETF yang reksadananya ditransaksikan di bursa terbesar di dunia, naik 3 ton untuk membawa total kepemilikan ke angka 788,72 ton pada hari Rabu.
Sumber: Reuters