PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Peningkatan Biaya Bahan Bakar Naikkan Harga Produsen AS Untuk Bulan Kedua

753ab02060eb89a045febb8a6fcf0226

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka – Rebound dalam biaya bahan bakar mendorong naik harga grosir AS di Mei untuk bulan kedua, membayangi penurunan kekuatan harga yang mensinyalir bahwa inflasi akan membutuhkan waktu untuk bergerak menuju sasaran dari The Fed.

Indeks harga produsen naik 0,4 persen, lebih dari perkiraan, setelah kenaikan 0,2 persen bulan sebelumnya, laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan hari Rabu di Washington. Tidak termasuk komponen volatile seperti layanan makanan, energi dan perdagangan, harga menurun untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan.

Efek yang berlama-lama dari penurunan sebelumnya pada sektor energi dan dolar yang lebih kuat berarti tekanan harga dalam pipa produksi mungkin akan lambat untuk naik. Ini adalah bagian terakhir dari data inflasi dimana pembuat kebijakan The Fed akan membuat keputusannya di rapat hari Rabu untuk membahas prospek suku bunga.

“Harga masih baik,” Russell Price, ekonom senior di Ameriprise Financial Inc di Detroit, sebelum laporan tersebut. “Intinya juga harus tetap baik karena permintaan yang relatif cukup.”

Perkiraan rata-rata dari 66 ekonom yang disurvei Bloomberg menyerukan kenaikan sebesar 0,3 persen. Proyeksi berkisar dari perubahan kecil ke penguatan sebesar 0,6 persen.

Biaya turun 0,1 persen selama 12 bulan terakhir pasca perubahan kecil.

Harga makanan naik 0,3 persen dan pengeluaran energi naik 2,8 persen, terbesarnya sejak Mei 2015.(mrv)

 

Sumber: Bloomberg