PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Melanjutkan Sengitnya Persaingan Marquez, Lorenzo, dan Rossi

Rifan Financindo Berjangka

Jakarta, Rifan Financindo Berjangka -?Seri kedelapan MotoGP 2016 akan dipentaskan akhir pekan ini di Assen, Belanda. Ketatnya persaingan tiga rider teratas menjadi jaminan sengitnya balapan nanti.

Sudah tujuh seri MotoGP terlewati sejauh ini. Hasil-hasil di seri itu untuk sementara menempatkan rider Repsol Honda Marc Marquez di posisi teratas dengan 125 poin.

Pun begitu, keunggulan Marquez di puncak klasemen tidaklah besar mengingat dua rider Movistar Yamaha membayangi di dua posisi berikutnya; Jorge Lorenzo dengan 115 poin dan Valentino Rossi dengan 103 angka. Artinya cuma ada 22 poin memisahkan ketiganya.

“Ini merupakan rentang jarak paling dekat di antara ketiga pebalap MotoGP dalam Kejuaraan Dunia setelah tujuh seri sejak 2012 ketika Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa dipisahkan oleh 19 angka,” sebut MotoGP.com.

Ketatnya persaingan tiga rider teratas itu niscaya akan memanaskan Assen, satu-satunya sirkuit yang sudah menyelenggarkan kejuaraan dunia ajang ini sejak mulai bergulir pada 1949.

Dari kejadian di tujuh seri sebelumnya, sulit menerka siapa yang akan meninggalkan Assen dengan senyum paling lebar. Toh sejauh ini Marquez sempat crash di Le Mans sampai akhirnya finis ke-13, dengan Rossi dan Lorenzo pun masing-masing dua kali tak finis.

Di Assen, Marquez sudah lima kali meraih kemenangan di seluruh kelas walaupun baru sekali di kelas primer (2014). Dari dua keikutsertaan lainnya di MotoGP Belanda, ia finis sebagai runner-up.

Untuk Lorenzo, Assen memberikan lebih banyak “warna”. Di 2011 ia sempat bersenggolan dengan Marco Simoncelli dan setahun kemudian out dari balapan menyusul insiden dengan Alvaro Bautista di tikungan pertama. Pada 2013 tulang selangkanya patah dalam sesi latihan di Assen, walaupun kemudian tetap bisa ikut balapan dan finis kelima.

Secara keseluruhan, Lorenzo pernah empat kali berjaya di Assen. Khusus di kelas primer, Lorenzo pernah tiga kali naik podium di sirkuit itu yakni kemenangan pada 2010, runner-up di 2009, dan finis ketiga pada musim lalu.

Sementara buat Rossi, Assen merupakan sebuah sirkuit yang cukup spesial. Pebalap 37 tahun itu pernah meraih tujuh kemenangan kelas primer di Assen, yang pada 2009 juga menandai kemenangan ke-100 untuknya. Di Assen pada tahun 2013, setelah kembali ke Yamaha dari Ducati, ia juga berhasil menyudahi rentetan 44 balapan tanpa kemenangan.

Dengan tujuh seri sebelum ini juga senantiasa menghadirkan tiga rider itu di podium teratas (Lorenzo tiga kemenangan, Marquez dan Rossi masing-masing dua) maka mereka boleh jadi akan kembali terlibat persaingan sengit untuk menjadi yang tercepat. Apalagi secara kebetulan mereka bertiga pula yang mengisi podium MotoGP Belanda 2015 lalu (Rossi pertama, Marquez kedua, Lorenzo ketiga).

Sesi-sesi latihan MotoGP Belanda 2016 akan dimulai pada hari Jumat (23/6/2016). Berbeda dari musim-musim sebelumnya, balapan akan dilangsungkan pada hari Minggu (26/6)–bukan lagi pada hari Sabtu.

 

Sumber: Detik