PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA JAKARTA SC

Pesawat Wings Air Tergelincir di Bandara Semarang | PT Rifan Financindo

efdb95c7-0148-4661-a8b0-7201d65d841a

Jakarta, PT Rifan Financindo Berjangka – Pesawat Wings Air tujuan Bandung-Semarang tergelincir di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Diduga IW 1896 tergelincir karena landasan yang basah.

“Betul, kejadiannya sekitar pukul 18.45 WIB,” kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) I Israwadi saat dikonfirmasi, Minggu (25/12/2016) sekitar pukul 19.50 WIB.

Menurut Israwadi, saat itu cuaca di bandara memang sedang hujan. Namun dapat dipastikan bahwa tak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

“Kondisi memang sedang hujan, tergelincir pesawat Wings Air. Tidak ada korban jiwa. Sekarang masih dalam proses evakuasi,” ujar Israwadi.

Israwadi menjelaskan, pesawat yang tergelincir merupakan jenis ATR berkapasitas 64 orang ditambah 4 orang kru. Kru dan penumpang dinyatakan selamat.

“Aman, tidak apa-apa,” jelasnya.

Evakuasi badan pesawat Wings Air IW 1896 yang tergelincir di Bandara Ahmad Yani, Semarang, masih berlangsung. Pesawat berjenis ATR itu saat ini masih berada di pinggir landasan.

“Pesawat masih di pinggir landasan (runway), sedang diupayakan untuk dipindahkan. Saat ini peralatan salvage milik SAR sudah ada di lokasi,” kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) I Israwadi saat dikonfirmasi, Minggu (25/12/2016) sekitar pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan foto yang diperoleh dari PT AP I, tak tampak ada kerusakan di badan pesawat. Ekor pesawat, sayap, hingga baling-baling tak tampak ada kerusakan.

Pesawat tampak miring ke sisi kanan dikarenakan ban sebelah kanan terperosok ke luar landasan sehingga ban kiri terangkat dari landasan. Penumpang seluruhnya telah berhasil dievakuasi.

“Para penumpang dicek dulu di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk memastikan penumpang dalam keadaan sehat,” tutur Israwadi.

Wings Air yang tergelincir merupakan pesawat rute Bandung-Semarang. Akibat kejadian itu, untuk sementara Bandara Ahmad Yani ditutup. Dijadwalkan penutupan berlangsung hingga pukul 21.45 WIB.

 

sumber: www.detik.com